Alasan Siswa MIA SMA Negeri Mengikuti Bimbingan Belajar di Luar Sekolah Se-kecamatan Telanaipura Kota Jambi

alwan, Alwan Alasan Siswa MIA SMA Negeri Mengikuti Bimbingan Belajar di Luar Sekolah Se-kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Alasan Siswa MIA SMA Negeri Mengikuti Bimbingan Belajar di Luar Sekolah Se-kecamatan Telanaipura Kota Jambi.

[img]
Preview
Text
RSA1C312021-ARTIKEL.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah untuk mengetahui alasan siswa MIA SMA Negeri mengikuti bimbingan belajar di luar Sekolah Se-Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di tiga SMA pada jurusan MIA Se-kecamatan Telanaipura Kota pada Maret 2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa alasan siswa MIA SMA Negeri mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah Se-kecamatan Telanaipura Kota Jambi yaitu subjektif 4,19 dalam kriteria setuju, lembaga 3,55 dalam kriteria setuju, sekolah 3,14 dalam kriteria ragu-ragu dan keluarga 3,13 dalam kriteria ragu-ragu. Termasuk alasan subjektif adalah merasa penguasaan kompetensi belajar kurang dari standar kelulusan, ingin mendapat nilai lebih bagus dan ingin masuk perguruan tinggi favorit. Alasan yang termasuk kedalam lembaga adalah lembaga memberikan paket belajar sesuai kebutuhan, literatur yang memadai dan kredibilitas lembaga yang baik. Alasan karena Sekolah adalah waktu belajar di sekolah terbatas dan sarana prasarana belajar kurang memadai. Dan alasan karena keluarga adalah waktu belajar di rumah kurang dan kemampuan finansial. Hasil penelitian ini, disarankan bahwa sekolah dan keluarga bersinergi dalam mengoptimalkan perannya dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan siswa serta lembaga bimbel dapat menambah paket belajar lain yang sesuai kebutuhan siswa.

Type: Article
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Physics
Depositing User: ALWAN
Date Deposited: 04 Aug 2017 06:52
Last Modified: 04 Aug 2017 06:52
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1774

Actions (login required)

View Item View Item