ANALISIS PREVALANSI KESULITAN BELAJAR (LEARNING DIFFICULT) SISWA DALAM PENGGUNAAN SOFTWARE MYOB AKUNTANSI PADA SISWA SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI

SAIPURAHMAN, SAIPURAHMAN ANALISIS PREVALANSI KESULITAN BELAJAR (LEARNING DIFFICULT) SISWA DALAM PENGGUNAAN SOFTWARE MYOB AKUNTANSI PADA SISWA SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-RRA1A112017.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SAIPURRAHMAN. 2017. Analisis Prevalansi Kesulitan Belajar (Learning Difficult) Siswa dalam Penggunaan Software MYOB Akuntansi Pada Siswa SMK Negeri 1 Kota Jambi. Jurusann PIPS FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. May Maemunah, ME. Pembimbing (II) Iwan Putra, S.E, M.S.Ak. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Software MYOB Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan merupakan salah satu sekolah formal yang mengutamakan pengembangan kompetensi siswa untuk melaksanakan jenis pekerjaan tertentu dan juga merupakan lembaga pendidikan yang mengupayakan untuk menghasilkan tenaga kerja pada tingkat menengah siap kerja yang memiliki keterampilan, terdidik, penuh kreativitas, dan memiliki wawasan yang luas dibidangnya. Guru sebagai komponen pendidikan yang berhadapan langsung dengan siswa harus memiliki strategi dalam meminimalkan hambatan belajar siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dan faktor-faktor serta strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam penggunaan Software MYOB Akuntansi Pada Siswa SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, tampilan data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil wawancara, ditemukan bahwa penyebab kesulitan siswa dalam penggunaan Software MYOB Akuntansi yaitu a) siswa masih kadang-kadang belajar di rumah; b) cara guru mengajar di depan kelas terlalu cepat; c) guru masih belum terlalu sering menggunaan media pembelajaran; d) materi yang diberikan tidak sesuai dengan kemampuan siswa; e) waktu belajar akuntansi di sekolah sangat singkat. Adapun strategi guru dalam mengatasi kesulitan tersebut yaitu a) memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya berkenaan dengan materi yang belum dipahami; b) metode mengajar yang bervariasi.c) sering mengadakan latihan baik di sekolah maupun dirumah; d) menggunakan media pembelajaran; dan e) memotivasi siswa untuk belajar. Dari hasil penelitian ini, diharapkan mampu menjadi sumber informasi dan acuan bagi guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran serta bagi siswa, diharapkan dapat lebih termotivsi lagi untuk terus belajar. Sehingga dengan demikian tujuan pembelajaran akan lebih mudah tercapai.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SAIPURAHMAN
Date Deposited: 08 Aug 2017 02:13
Last Modified: 08 Aug 2017 02:13
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1796

Actions (login required)

View Item View Item