STUDI PERBANDINGAN PEMBERIAN REMEDIAL TEACHING MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA DAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 24 MUARO JAMBI

Putri, Aulia STUDI PERBANDINGAN PEMBERIAN REMEDIAL TEACHING MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA DAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 24 MUARO JAMBI. Jurnal Pendidikan Matematika. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
A1C212034 ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (919kB) | Preview

Abstract

Adanya kesulitan belajar matematika pada siswa membuat banyak siswa yang prestasi hasil belajarnya rendah. Untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya kegiatan remedial teaching. Namun, pemberian remedial teaching ini harus menggunakan metode yang tepat, salah satunya adalah pemberian remedial teaching dengan metode tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan pemberian remedial teaching dengan metode tutor sebaya dan metode pemberian tugas terhadap hasil belajar matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest control group design dengan dua kelas sampel yang masing-masing diberi posttest. Kelas eksperimen di berikan remedial teaching dengan metode tutor sebaya dan kelas kontrol diberikan remedial teaching dengan metode pemberian tugas guna melihat perbandingannya terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi. Analisis data untuk mengetahui perbedaan rata-rata digunakan uji t dua pihak. Berdasarkan dari hasil uji t didapatkan bahwa t_hitung= 2,426 dan ttabel = 2,048, sehingga kriteria pengujiannya adalah terima Ho jika -2,048 < t < 2,048. Hasil perhitungan, t_hitung= 2,426 terletak di luar penerimaan Ho, sehingga H1 diterima ,Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan yang signifikan pada hasil belajar matematika siswa yang diberi remedial teaching dengan metode tutor sebaya pada kelas eksperimen dan remedial teaching dengan metode pemberian tugas pada kelas kontrol. Remedial teaching dengan metode tutor sebaya dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pemberian remedial pada pembelajaran matematika khususnya pada materi faktorisasi suku aljabar

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: AULIA PUTRI
Date Deposited: 11 Aug 2017 01:15
Last Modified: 11 Aug 2017 01:15
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1810

Actions (login required)

View Item View Item