Keterkaitan Pertumbuhan Penduduk Berdasarkan Hirarki Pusat Pertumbuhan/ Pelayanan terhadap Perubahan Struktur Penggunaan Lahan di Provinsi Jambi

Junaidi, Junaidi and Yulmardi, Yulmardi and Nurjanah, Rahma (2010) Keterkaitan Pertumbuhan Penduduk Berdasarkan Hirarki Pusat Pertumbuhan/ Pelayanan terhadap Perubahan Struktur Penggunaan Lahan di Provinsi Jambi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
hirarki_junaidi2010.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pertumbuhan penduduk kabupaten/kota di Provinsi jambi; (2) perubahan dan kecenderungan pola penggunaan lahan di Provinsi Jambi; (3) hirarkhi pusat pertumbuhan/ pelayanan di Provinsi Jambi; (4) keterkaitan antara pertumbuhan penduduk berdasarkan hirarkhi pusat pertumbuhan/pelayanan dengan pola perubahan struktur penggunaan lahan. Hasil analisis menemukan: (1) Pertumbuhan penduduk bervariasi antar kabupaten/kota dengan pertumbuhan tertinggi untuk Kabupaten Muaro Jambi dan yang terendah Kabupaten Kerinci. (2) Telah terjadi pergeseran struktur penggunaan lahan di Provinsi Jambi; (3) Selama periode 2001 - 2008, Kota Jambi dan Kabupaten Batanghari tetap menjadi wilayah dengan hirarki tertinggi, sedangkan Kabupaten Tanjung Jabung Timur memiliki hirarki terendah. (4) Tidak ada keterkaitan yang nyata antara pertumbuhan penduduk dengan hirarki pusat pelayanan/pertumbuhan. Selain itu, juga tidak terlihat keterkaitan antara pertumbuhan penduduk dengan penggunaan lahan.

Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: JUNAIDI
Date Deposited: 02 Feb 2017 18:47
Last Modified: 02 Feb 2017 18:47
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item View Item