PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI DI SMAN 10 SAROLANGUN

HAKIM, MHD.RAHMAN PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI DI SMAN 10 SAROLANGUN. PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI DI SMAN 10 SAROLANGUN.

[img]
Preview
Text
RSA1C112019(MHD.RAHMAN HAKIM).pdf

Download (570kB) | Preview

Abstract

Luas permukaan, konsentrasi, suhu dan katalis merupakan bagian dari materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Materi tersebut merupakan materi yang mengharuskan siswa untuk melakukan praktikum dilaboratorium dalam proses pembelajarannya. Saat ini sekolah jarang melakukan praktikum, dikarenakan kurangnya waktu, alat dan bahan praktikum yang tidak lengkap serta lain sebagainya. Sehingga perlu dikembangkan suatu alternatif, salah satunya dengan cara mengembangkan media pembelajaran berbasis laboratorium virtual. Laboratorium virtual yang dikembangkan dapat menggunakan program adobe flash.Penelitian ini bertujuan mengembangkan laboratorium virtual menggunakan program software adobe flash untuk materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi di SMAN 10 Sarolangun. Penelitian pengembangan ini menggunakan kerangka pengembangan ADDIE, dengan langkah: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan angket dengan perhitungan menggunakan skala likert. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli dan diimplementasikan pada uji coba kelompok kecil. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran laboratorium virtual yang dibuat menggunakan software adobe flash. Produk tersebut divalidasi oleh tim ahli dengan 1 kali reivisi serta dinilai juga oleh guru kemudian diujicobakan pada kelompok kecil siswa kelas XI IPA 1 SMAN 10 Sarolangun. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase 96% (sangat baik) dan ahli materi diperoleh persentase 84% (sangat baik), tanggapan guru diperoleh persentase 96% (sangat baik) sehingga media laboratorium virtual yang dikembangkan sangat baik untuk diujicobakan. Hasil respon siswa kelas XI IPA 1 SMAN 10 Sarolangun diperoleh persentase 84,67 % (sangat baik). Berdasarkan hasil pengembangan mulai dari validasi media, materi dan hasil penelitian, secara keseluruhan disimpulkan bahwa media pembelajaran laboratorium virtual yang dikembangkan sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran kimia.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: MHD.RAHMAN HAKIM
Date Deposited: 11 Sep 2017 08:21
Last Modified: 11 Sep 2017 08:21
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1876

Actions (login required)

View Item View Item