Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok melalui Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 11 Kota Jambi

andrie Juansyah, Sepry Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok melalui Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 11 Kota Jambi. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SEPRY ANDRIE J (RRA1C209010).pdf

Download (836kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematik siswa merupakan salah satu kemampuan yang perlu ditingkatkan sehingga memerlukan pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk mengembangkan dan menujukkan kemampuan komunikasi matematik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok melalui pendekatan saintifik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik siswa kelas XI MIA di SMA N 11 Kota Jambi. Kemampuan Komunikasi Matematik yang akan diukur terdiri dari 3 aspek yaitu kemampuan: (1) menyatakan ide matematika mela¬lui ucapan, tulisan, demonstrasi, dan melukiskannya secara visual dalam tipe yang berbeda; (2) memahami, menafsirkan, dan menilai ide yang disajikan dalam tuli-san, lisan, atau dalam bentuk visual; dan (3) mengkonstruk, menafsirkan, dan menghu¬bungkan bermacam-macam representasi ide dan hubungannya Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA N 11 Kota Jambi Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 73 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelompok eksperimen dan 37 siswa kelompok kontrol. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dua pihak dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa baik persentase aktivitas komunikasi matematik yang terjadi dalam pembelajaran maupun persentase kemampuan kemampuan komunikasi matematik siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda. Hal ini dipertegas dengan hasil uji rata-rata dua pihak uji “t” menunjukkan thitung > tabel (10,22 > 1,994) sehingga H0 ditolak dan H1 yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok melalui pendekatan saintifik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa Kelas XI MIA SMA N 11 Kota Jambi diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok melalui pendekatan saintifik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa kelas XI MIA SMA N 1 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: SEPRY ANDRIE J
Date Deposited: 11 Oct 2017 07:12
Last Modified: 11 Oct 2017 07:12
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2135

Actions (login required)

View Item View Item