TINDAK TUTUR DIREKTIF SISWA KELAS 2 SD 027 SUNGAI BERINGIN KAMPUNG PULAU KECAMATAN RENGAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU DALAM PEMBELAJARAN TAHUN AJARAN 2016/2017

TIARA CICILIHANDI, TIARA (2017) TINDAK TUTUR DIREKTIF SISWA KELAS 2 SD 027 SUNGAI BERINGIN KAMPUNG PULAU KECAMATAN RENGAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU DALAM PEMBELAJARAN TAHUN AJARAN 2016/2017. TINDAK TUTUR DIREKTIF SISWA KELAS 2 SD 027 SUNGAI BERINGIN KAMPUNG PULAU KECAMATAN RENGAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU DALAM PEMBELAJARAN TAHUN AJARAN 2016/2017.

[img] Text
ARTIKEL RINGKASAN.docx - Draft Version

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK Cicilihandi, Raja Tiara. 2017. Tindak Tutur Direktif Kelas 2 SD 027 Sungai Beringin, Kampung Pulau Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Dalam Proses Pembelajaran. Skripsi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Dr. Hj. Nazurty, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Maizar Karim, M.Hum. Kata – kata Kunci : tindak tutur direktif, siswa dan guru, siswa dan siswa Tujuan penelitian ini mendeskripsikan Jenis dan Fungsi tindak tutur direktif kelas 2 Sd 027 Sungai Beringin, Kampung Pulau Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu dalam proses pembelajaran. berkenaan dengan pengunaan bahasa, banyak kegiatan sehari hari yang dapat diteliti, salah satunya adalah tindak tutur direktif guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Bahasa tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan manusia, bahkan bahasa selalu digunakan dalam segala kegiatan sehingga dapat dikatakan interaksi mungkin tidak terjadi tanpa adanya media bahasa, dan tampaknya bahasa merupakan alat komunikasi yang paling baik, paling sempurna dibandingkan dengan alat-alat komunikasi lain. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. adapun data yang diambil adalah tuturan direktif kelas 2 Sd 027 Sungai Beringin. tehnik pengumpulan data menggunakan teknik rekam dan catatan lapangan, Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian mengenai jenis tindak tutur direktif kelas 2 Sd 027 Sungai Beringin dalam proses pembelajaran yang terjadi antara siswa dan siswa, guru dan sisiwa, siswa dan guru terdapat sebanyak 6 jenis yang terdiri dari : 1) Tindak mengucapkan meminta, 2) Tindak mengucapkan bertanya, 3) Tindak mengucapkan memerintah, 4) Tindak Mengucapkan melarangan, 5) Tindak mengucapkan memberi izin, 6) Tindak mengucapkan nasihat. Fungsi Tindak tutur di kelas terungkap sebanyak 4 fungsi yaitu : 1) Fungsi tukar menukar sikap, 2) Fungsi tukar menukar informasi faktual, 3) fungsi tukar menukar informasi intelektual 4) fungsi meyakinkan/mempengaruhi. Saran yang dapat diberikan para peneliti selanjutnya diharapkan mampu meneliti tindak tutur direktif karena banyak dijumpai tindak tutur direktif dalam kehidupan sehari-hari dan pembelajaran.

Type: Article
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: RAJA TIARA CICI LIHANDI
Date Deposited: 11 Oct 2017 07:11
Last Modified: 11 Oct 2017 07:11
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item View Item