Tindak Tutur Ekspresif Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 3 Kerinci dalam Proses Pembelajaran

HIDYAT, M.NURUL (2017) Tindak Tutur Ekspresif Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 3 Kerinci dalam Proses Pembelajaran. Tindak Tutur Ekspresif Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 3 Kerinci dalam Proses Pembelajaran.

[img] Text (Tindak Tutur Ekspresif Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 3 Kerinci dalam Proses Pembelajaran)
Artikel WORD.docx - Draft Version

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis dan fungsi tindak tutur ekspresif yang digunakan guru bahasa Indonesia SMA Negeri 3 Kerinci dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan tergolong ke dalam jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik simak. dan diikuti dengan teknik lanjutan yaitu dengan teknik simak bebas libat cakap (SBLC), teknik catat dan teknik rekam. Selama pengumpulan data peneliti hadir beberapa kali di sekolah untuk melakukan penelitian. Peneliti hanya berperan sebagai penyimak dalam interaksi percakapan antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar dan tidak terlibat dalam percakapan. Data dalam penelitian ini adalah data verbal yang berupa kalimat yakni tuturan ekspresif guru bahasa Indonesia SMA Negeri 3 Kerinci dalam proses pembelajaran. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data yang berupa informan yaitu guru bahasa Indonesia SMA Negeri 3 Kerinci. Untuk menguji keabsahan data hasil penelitian digunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Analisis data menghasilkan temuan jenis dan fungsi tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia SMA Negeri 3 Kerinci dalam proses pembelajaran. Terdapat 9 jenis tindak tutur ekspresif dengan 22 jumlah bentuk tuturan. Sedangkan fungsinya meliputi fungsi tukar menukar sikap emosi, fungsi tukar menukar sikap moral, fungsi tukar menukar informasi faktual dan fungsi tukar menukar informasi intelektual. Kesimpulan penelitian, jenis tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia SMA Negeri 3 Kerinci dalam proses pembelajaran adalah tindak mengucapkan selamat, memberi pujian, mengucapkan terima kasih, menyalahkan, memaafkan, teguran, bertanya, mengampuni, dan sindiran. Sedangkan fungsi tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia SMA Negeri 3 Kerinci dalam proses pembelajaran adalah fungsi tukar menukar sikap emosi, fungsi tukar menukar sikap moral, fungsi tukar menukar informasi faktual dan fungsi tukar menukar informasi intelektual.. Saran yang dapat diberikan kepada para peneliti selanjutnya yakni disarankan kepada peminat pragmatik agar dapat memperdalam penelitian mengenai implikasi pragmatis dan dapat mengadakan perluasan penelitian tentang tindak tutur. Selanjutnya penulis mengharapkan kepada peneliti yang lain untuk meneliti tindak tutur ekspresif di tempat-tempat yang lain karena banyak dijumpai tindak tutur ekspresif dalam kehidupan sehari-hari dan tidak menutup kemungkinan dalam media elektronik berupa film ataupun media cetak lainnya. Kata-kata kunci: Tindak Tutur Ekspresif, Guru

Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: M.NURUL HIDAYAT
Date Deposited: 11 Oct 2017 08:47
Last Modified: 11 Oct 2017 08:47
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2159

Actions (login required)

View Item View Item