SETYANINGRUM, OKTORINI DEWI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS IV B SD NEGERI NO 64/1 MUARA BULIAN. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349
|
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf Download (273kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Setyaningrum, Dewi, Oktorini. 2017. “Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran sains di kelas IV B SD Neger No 64/1 Muara Bulian”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si. Pembimbing (2) Hendra Budiono, S.Pd M.Pd Kata Kunci: lingkungan sekolah, sumber belajar, pembelajaran Sains Pemanfaatan lingkungan diperlukan dalam pembelajaran sebagai sumber dalam belajar, pada kenyataan lingkungan SD Negeri 64/1 Muara Bulian mempunyai lingkungan sekolah yang di manfaatkan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran sains di kelas IV B SD Negeri 64/1 Muara Bulian. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data melalui tiga jalur yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), verification (penyajian data). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan sekolah dapat dimanfaatakan sebagai sumber belajar pada pembelajaran sains kelas IV B SD Negeri No 64/II Muara Bulian guru telah menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran sains terutama lingkungan sekolah berperan penting dalam pembelajaran. Dengan menggunakan sumber belajar di lingkungan dan media sederhana yang ada di lingkungan sekolah dapat menumbuhkan kreatifitas siswa. Dapat di ketahui bahwa siswa lebih aktif belajar diluar ruangan karena lebi menyenangkan, siswa dapat melihat langsung apa yang dipelajarai jika menggunakan sumber yang nyata yang ada dilingkungan sekolah tersebut. Lingkungan sekolah yang asri sangat mendukung bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media yang kongkrit, siswa pun mudah memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran sains di kelas IV B SD Negeri No 64/I Muara Bulian dapat gunakan dan sesuai dengan materi serta kebutuhan siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | OKTORINI DEWI S |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 01:30 |
Last Modified: | 12 Oct 2017 01:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2169 |
Actions (login required)
View Item |