IDENTIFIKASI KONSEP DIRI PADA SISWA YANG MEMILIKI PRESTASI BELAJAR RENDAH DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI

NURHASANAH, RABIATUN (2017) IDENTIFIKASI KONSEP DIRI PADA SISWA YANG MEMILIKI PRESTASI BELAJAR RENDAH DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. pp. 1-13. ISSN 0852-8349 (Submitted)

[img]
Preview
Text
A1E113004_ARTIKEL.pdf

Download (305kB) | Preview
Official URL: http://repository.ujna.ac.id/id/eprint/2174

Abstract

ABSTRAK Judul : Identifikasi Konsep Diri pada Siswa yang Memiliki Prestasi Belajar Rendah di Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Jambi Nama : Rabiatun Nurhasanah NIM : A1E113004 Pembimbing : 1. Fadzlul S.Psi, M.Psi, Psi 2. Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 8 Kota Jambi bahwa di sekolah tersebut banyak siswa yang memiliki prestasi belajar rendah yang disebabkan karena tidak percaya diri dengan kemampuannya yang dimilikinya dan merasa dirinya tidak bisa berkompetensi dengan temannya serta adanya anggapan dari guru bahwa siswa yang memiliki prestasi belajar rendah pasti siswa yang nakal dan memiliki perilaku yang tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kualitas konsep diri siswa yang memiliki prestasi belajar rendah di kelas VIII SMP N 8 Kota Jambi baik di berdasarkan kualitas konsep diri secara keseluruhan dan berdasarkan indikator yaitu aspek fisik, aspek sosial, aspek moral, dan aspek psikis. Penelitian ini dibatasi pada permasalahan mengenai konsep diri pada siswa yang memiliki prestasi belajar rendah dengan indikator aspek fisik, aspek sosial, aspek moral, dan aspek psikis. Menurut Berzonsky dalam Saam dan Sri (2014:90) mengemukakan beberapa aspek dalam konsep diri, yaitu aspek fisik, aspek sosial, aspek moral dan aspek psikis. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 orang siswa yang memiliki prestasi rendah yang didapat dari leger nilai semester ganjil tahun ajaran 2016-2017. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dhikotomis dengan 2 (dua) pilihan jawaban yaitu “Ya” dan “Tidak”. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif yaitu jenis penelitian yang berusaha menggambarkan keadaan subjek saat itu atau menggambarkan lapangan sebagaimana adanya. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas konsep diri pada siswa yang memiliki prestasi belajar rendah di kelas VIII SMP N 8 Kota Jambi berada pada posisi kualitas “Sedang” (58,2%). Dan dilihat berdasarkan pada masing-masing indikator yaitu aspek fisik berada pada kualitas sedang (58,1%), aspek sosial berada pada kualitas sedang (58,2%), aspek moral berada pada kualitas sedang (57,3%) dan aspek psikis berada pada kualitas sedang (55%). Kualitas “sedang” artinya konsep diri pada siswa yang memiliki prestasi belajar rendah bisa ditingkatkan. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada pihak sekolah khususnya guru BK bisa meningkatkan konsep diri pada siswa yang memiliki prestasi belajar rendah. Implikasi dengan BK dalam penelitian ini guru bimbingan dan konseling bisa membantu siswa asuhnya yang memiliki prestasi belajar rendah dan bisa menjelaskan kepada guru-guru mata pelajaran bahwa siswa yang memiliki prestasi belajar rendah belum tentu memiliki perilaku yang tidak baik dan memiliki konsep diri yang negatif.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RABIATUN NURHASANAH
Date Deposited: 12 Oct 2017 01:30
Last Modified: 12 Oct 2017 01:30
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2174

Actions (login required)

View Item View Item