MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS III SD NEGERI 111/1MUARA BULIAN

Lawati, susi MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS III SD NEGERI 111/1MUARA BULIAN. JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf - Published Version

Download (801kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Susilawati. 2017.Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Media Permainan Ular Tangga pada Pembelajaran IPS kelas III SD 111/1 Muara Bulian. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Seklolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I. Drs.Arsil, M.pd. Pembimbing II. Dwi Kurnia Hayati, M.Pd. Kata Kunci: Motivasi, Media Permainan Ular Tangga. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataannya bahwa masih banyak siswa kelas III SD Negeri 111/1 Muara Bulian memiliki motivasi belajar yang rendah. Saat proses pembelajaran suasana kelas sangat gaduh, saat guru menjelaskan materi pada awalnnya siswa terlihat memperhatikan namun lama kelamaan peserta didik terlihat bosan, ada yang mengobrol dan ada pula yang bermain dengan teman bahkan berlari-lari di dalam kelas sehingga suasana belajar menjadi gaduh dan tidak kondusif, saat diberi tugas siswa malas mengerjakan dan sering menyontek. Berdasrkan permasalahan tersebut maka diberikan tindakan dengan menggunakan media permainan ular tangga yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri 111/1 Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi kerjasama siswa dan observasi guru yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran menggunakan media permainan ular tangga, dilakukan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media permainan ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri 111/1 Muara Bulian. Berdasarkan lembar observasi kerjasama siswa menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari siklus I pertemuan I terdapat 10 orang siswa atau 30,30% dan pada pertemuan II terdapat 16 orang siswa atau 48,48% yang sudah memilik motivasi pada siklus I. Kemudian pada siklus II meningkat pada pertemuan I terdapat 23 orang atau 69.69% dan pada pertemuan II terdapat 28 orang siswa atau 84,84% dengan predikat sangat baik, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dikatakan berhasil karena telah mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditentukan yaitu 70%. Berdasarkan hasl penelitian tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan media permainan ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas III SD Negeri 111/1 Muara Bulian.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Susilawati
Date Deposited: 16 Oct 2017 07:02
Last Modified: 16 Oct 2017 07:02
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2224

Actions (login required)

View Item View Item