IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI TK NEGERI PEMBINA SINGKUT II SAROLANGUN

LESTARI, TATI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI TK NEGERI PEMBINA SINGKUT II SAROLANGUN. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI TK NEGERI PEMBINA SINGKUT II SAROLANGUN. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tati Lestari. 2017. Implementasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di TK Negeri Pembina singkut II Sarolangun. Skripsi. Program Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Drs. H. HendraSofyan, M.Si (II) Nyimas Muazzomi S.AgM.Pdi. Kata Kunci : Implementasi Pembelajaran, Kurikulum 2013 Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagai mana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di TK Negeri Pebina Singkut II Sarolangun dimulai dari Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Sehubungan dengan tujuan penelitian diatas, maka pertanyaan yang harus dijawab dalam penelitian ini adalah “Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di TK Negeri Pembina Singkut II Sarolangun”. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif Kuantitatif dan Kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan Menggunakan Angket, Observasi dan Wawancara. Analisis data angket dan observasi menggunakan teknik statistik (Kuantitatif) dan wawancara menggunakan analisis interaktif (Kualitatif). Populasi dalam penelitian ini adalah para guru yang mengajar di TK Negeri Pembina Singkut II Sarolangun. Terdapat 7 guru yang mengajar disekolah tersebut dan semua dijadikan sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian dari angket menunjukkan bahwa Implementasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di TK Negeri Pembina Singkut II Sarolangun berada pada kualitas “Baik” terbukti dari hasil rata-rata bobot “81%”. Pada indikator perencanaan berada pada kualitas “Baik“ (71%), pada indikator pelaksanaan berada pada kualitas “Baik” (83%), dan pada indikator evaluasi berada pada kualitas “Sangat Baik” (89%). Sedangkan dari hasil observasi menunjukkan bahwa Implementasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di TK Negeri Pembina Singkut II Sarolangun berada pada kualitas “Baik” terbukti dari hasil rata-rata bobot “85%”. Pada indikator perencanaan berada pada kualitas “Baik“ (84%), pada indikator pelaksanaan berada pada kualitas “Baik” (86%), dan pada indikator evaluasi berada pada kualitas “Baik” (86%). Sedangkan hasil wawancara menunjukkan bahwa TK Pembina Singkut II sarolangun sudah menggunakan kurikulum 2013, dalam pelaksanaan sudah baik, pelaksanaan sudah baik, dan pada evaluasi juga sudah sesuai dengan kurikulum 2013 namun terdapat sedikit kendala jika dilihat dari jawaban responden. Mereka mengeluh mengenai fasilitas pembelajaran. Guru masih kesulitan untuk menyampaiakn tema karna kurangnya fasilitas (fasilitas kurang memadai). Adapun saran dan harapan penulis kedepannya TK Pembina Singkut II Sarolangun dapat menerapkan kurikulum 2013 sesuai dengan aturan yang berada didalamnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: TATI LESTARI
Date Deposited: 18 Oct 2017 07:17
Last Modified: 18 Oct 2017 07:17
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item View Item