Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Berbasis Multiple Intelligences Pada Materi Suhu dan Perubahannya di Kelas VII

Silalahi, Maria Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Berbasis Multiple Intelligences Pada Materi Suhu dan Perubahannya di Kelas VII. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
ARTICLE MAR.pdf

Download (691kB) | Preview

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Berbasis Multiple Intelligences Pada Materi Suhu dan Perubahannya di Kelas VII Maria Silalahi1), Hidayat2), Wawan Kurniawan3) 1Mahasiswa S1 Pendidikan Fisika PMIPA FKIP Universitas Jambi 2)3)Dosen Pendidikan Fisika PMIPA FKIP Universitas Jambi Jambi, Indonesia Email: mariass24.MS@gmail.com ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS IPA Berbasis Multiple Intelligences pada materi suhu dan perubahannya, kemudian untuk mengetahui respon siswa terhadap LKS IPA Berbasis Multiple Intelligences. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dengan langkah-langkahnya sebagai berikut : (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validasi tim ahli dan angket persepsi siswa. Teknik analisis data untuk angket validasi tim ahli dilakukan penilaian secara berstruktur dengan jawaban “ya” dan “tidak”, sedangkan untuk saran validator menggunakan deskripsi kualitatif. Teknik analisis data untuk angket siswa dilakukan dengan rating-scale yang kemudian ditafsirkan dalam pengertian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah LKS IPA Berbasis Multiple Intelligences yang dikembangkan dan telah melalui proses validasi serta dinyatakan layak untuk diujicobakan. Spesifikasi modul elektronik ini terdiri dari empat kegiatan pembelajaran yaitu suhu dan alat ukurnya, pemuaian, kalor dan perubahan suhu benda, serta perubahan dan perpindahan kalor. Setiap kegiatan pembelajaran terdiri dari tujuan pembelajaran, kilas balik, express laboratorry, materi, kegiatan atur strategi, mini lab, tugas mandiri, asah kecerdasan, info, dan kegiatan menyimpulkan. Keunggulan dari LKS IPA berbasis Multiple Intelligences yaitu membantu siswa belajar kreatif dan memfasilitasi kecerdasan yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Kelemahan dari LKS IPA ini yaitu terbatasnya penyajian kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi kecerdasan musikal dan terbatasnya penyajian materi dari bidang Biologi. Setelah dinyatakan valid, maka LKS IPA ini layak diujicobakan. Dari hasil penelitian diperoleh hasil angket persepsi siswa terhadap LKS yang telah diujicobakan yaitu 83% yang dapat dikategorikan “sangat baik”. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa LKS IPA Berbasis Multiple Intelligences pada materi suhu dan perubahannya di kelas VII sangat baik digunakan sebagai bahan ajar pendukung untuk guru dan siswa dalam proses pembelajaran IPA terpadu di kelas. Kata Kunci: LKS, Multiple Intelligences

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MARIA SILALAHI
Date Deposited: 19 Oct 2017 07:46
Last Modified: 19 Oct 2017 07:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2289

Actions (login required)

View Item View Item