HUBUNGAN SEKOLAH ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK AL AZHAR KOTA JAMBI TAHUN AKADEMIK 2016/2017

RAMADHANI, NIKE (2017) HUBUNGAN SEKOLAH ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK AL AZHAR KOTA JAMBI TAHUN AKADEMIK 2016/2017. HUBUNGAN SEKOLAH ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK AL AZHAR KOTA JAMBI TAHUN AKADEMIK 2016/2017.

[img] Text
SKRIPSI ARTIKEL NIKE.pdf

Download (374kB)

Abstract

ABSTRAK Nike Rahmadani. 2017 “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di TK Al-Azhar Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan , FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd dan (II) Dr. K.A. Rahman, M.Pd. Kata Kunci : Pola asuh orang tua demokratis, perkembangan kognitif Pola asuh orang tua demokratis menghargai individualitas anak tetapi juga menekankan batasan sosial. Mereka memiliki keyakinan diri akan kemampuan mereka membimbing anak-anak, tetapi mereka juga menghornati independensi keputusan, ketertarikan, pendapat, dan kepribadian anak. perkembangan kognitif adalah proses yang terjadi secara internal didalam otak pada waktu manusia sedang berfikir. Kemampuan kognitif berkembang secara bertahap dan sejalan dengan perkembangan fisik dan perkembangan saraf-saraf yang berada dalam susunan saraf pusat atau otak. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan kognitif anak usia dini di TK Al-Azhar Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah korelasi product moment. Penelitian dilaksanakan di TK Al-Azhar Kota Jambi Populasi penelitian adalah anak TK B yang berjumlah 55. Sehingga jumlah sampel keseluruhan adalah 55 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik analisis data menggunakan Product Moment Correlations Untuk pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. Kemudian data yang diperoleh dikorelasikan dengan rumus korelasi product moment. Perhitungan menunjukkan bahwa R_hitung>R_(tabel )(0,293 > 0,266). Kemudian dilakukan uji signifikansi dengan rumus t_hitung. Hasil penelitian diperoleh Terdapat hubungan antara pola asuh orang tua demokratis terhadap perkembangan kognitif anak di TK Al-Azhar Kota Jambi. Hal ini dibuktikan dengan hasil r pearson correlationsebesar 0,266 pada taraf signifikan 5% dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan anatar Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di TK Al-Azhar Kota Jambi, karena memperlihatkan t_hitung>t_tabel (2,228 > 0,266) Sehingga Ha diterima dan Ho di tolak. KATA PENGANTAR Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya peneliti dapat menyelesaikan skripsi ini yang berjudul “hubungan antara pola asuh orang tua demokratis dengan perkembangan anak usia dini dik TK Al-Azhar Kota Jambi” Banyak hal yang dilalui dalam penulisan skripsi ini baik suka maupun duka. Namun berkat kesabaran dan ketekunan serta bantuan dari semua pihak dalam bentuk langsung maupun tidak langsung. Adapun tujuan dari penelitian skripsi ini yaitu sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi setiap mahasiswa dalam rangka memperoleh gelar sarjana. Selanjutnya peneliti menyadari bahwa penyelesaian skripsi tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu ucapan terimakasih peneliti sampaikan kepada: Bapak Prof. Dr. Rer. Nat. Asrial, M.Si Selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Bapak Drs. Arsil,MR.M.Pd Selaku Ketua Jurusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Bapak Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si selaku ketua prodi pendidikan guru pendidikan anak usia dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Bapak Drs. Tumew Pangaribuan, M.Pd dan Dr. K.A. Rahman, M.Pd selaku pembimbing utama yang telah memberikan ilmu dalam penulisan skripsi ini dengan penuh kesabaran memberikan bimbingan dan arahan yang sangat bermakna dalam menyelesaikan skripsi ini. Bapak dan Ibu dosen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Ibu Indah Suarti, S.Pd selaku kepala TK Islam Al-Azhar Kota Jambi. Bapak Ahmad Fikri Rosyadi, S.Pd yang selalu membantu, memberikan arahan, serta motivasi kepada penulis dalam menyelesaikan skripsi ini. Keluarga tercinta terutama ayahanda dan alm. Ibunda serta kelima saudaraku yang sangat banyak memberikan bantuan moril, material, do’a, motivasi, dukungan serta seluruh curahan kasih sayang yang tidak pernah berhenti. Teman-teman seperjuangan Nurleni, Ummi Kalsum dan Alfy Astuty yang selalu memberi motivasi serta semangat yang tiada henti sehingga mampu menyelesaikan skripsi ini. Kemudian, dengan segala kerendahan hati peneliti mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan peneliti berharap skripsi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadi bahan masukan dalam dunia pendidikan. Jambi, Oktober 2017 Penulis, NIKE RAHMADAN DAFTAR ISI Halaman Halaman Sampu Halaman Judul i Halaman Persetujuan Ujian Skripsi ii Halaman Pengesahan iii Halaman Pernyataan iv Persembahan v Abstrak vi Kata Pengantar vii Daftar Isi ix Daftar Tabel xi Daftar Grafik dan Bagan xii Daftar Lampiran xiii BAB I : PENDAHULUAN Latar Belakang 1 Batasan Masalah 5 Rumusan Masalah 5 Tujuan Penelitian 5 Manfaat Penelitian 6 Anggapan Dasar 7 Hipotesis Penelitian 7 Kerangka Konseptual 7 Defenisi Oprasional 8 BAB II : TINJAUAN PUSTAKA Pola Asuh Defenisi Pola Asuh 10 Dimensi Pola Asuh 12 Jenis-jenis Pola Asuh 13 Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pola asuh 15 Pola Asuh Orang Tua Demokratis Defenisi Pola Asuh Orang Tua Demokratis 15 Ciri-ciri Pola Asuh Orang Tua Demokratis 18 Indikator Pola Asuh Orang Tua Demokratis 19 Perkembangan Kognitif Defenisi Perkembangan Kognitif Anak 20 Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak 23 Tingkat Pencapaian Perkembangan Kognitif Anak 25 Perkembangan Kognitif Anak Dibawa Sejak Lahir 26 Pentingnya Perkembangan Kognitif Anak 27 Tahap Perkembangan Kognitif Anak 28 Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dengan Perkembangan Kognitif 31 Penelitian Relevan 32 BAB III : METODOLOGI PENELITIAN Rancangan Penelitian 36 Populasi dan Sampel 37 Alat Pengumpul Data 37 Teknik Analisis Data 39 Uji Hipotesis 41 BAB IV : HASIL DAN PEMBAHASAN Deskripsi data 43 Hasil Uji Prasyarat 48 Hasil Uji Hipotesis 50 Pembahasan Hasil Penelitian 53 BAB V : PENUTUP Kesimpuan 56 Saran 56 DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN DAFTAR TABEL Tabel No: Halaman Tingkat Pencapaian Perkembangan Kognitif Anak 25 Populasi 36 Sampel 37 Skala Likert 38 Kisi-kisi Pola Asuh Demokratis 38 Kisi-kisi Perkembangan Kognitif 39 Kriteria penafsiran 42 Hasil Skor Angket Variabel X 43 Deskripsi Statistic Variabel X 44 Distribusi Frekunsi Variabel Pola Asuh Demokratis 45 Hasil Skor Angket Variabel Y 46 Deskripsi Statistic Variabel Y 46 Distribusi Frekuensi Perkembangan Kognitif 47 Uji Normalitas 48 Uji Liniearitas 50 Pengujian Korelasi 50 Coefficient Uji t 52 DAFTAR GRAFIK DAN BAGAN Gambar 1 : Kerangka Konseptual.......................................................... 7 Gambar 2 : P-Plot Normaita...................................................................... 49 DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1 Angket Penelitian Surve Awal 59 Lampiran 2 Angket Penelitian Pola Asuh Demokratis Dengan Perkem- banganKognitif Anak 60 Lampiran 3 Validasi Instrumen 64 Lampiran 4 Permohonan Surat Izin Penelitian 65 Lampiran 5 Surat Keterangan Penelitian 66 Lampiran 6 Tabulasi Pola Asuh Demokratis Dengan Perkembangan Kognitif Anak 67 Lampiran 7 Skor Penilaian Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dengan Perkembangan Kognitif Anak 73 Lampiran 8 Harga r Product Moment 74

Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: NIKE RAHMADANI
Date Deposited: 25 Oct 2017 07:14
Last Modified: 25 Oct 2017 07:14
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2371

Actions (login required)

View Item View Item