Analisis Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA di SMA Negeri Kabupaten Muaro Jambi

EFRIYANI, MERY FITRIA (2017) Analisis Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA di SMA Negeri Kabupaten Muaro Jambi. Analisis Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA di SMA Negeri Kabupaten Muaro Jambi. pp. 1-7.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (302kB)
[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (302kB)

Abstract

Pembelajaran biologi merupakan salah satu mata pelajaran sains yang dalam penerapannya membutuhkan kemampuan berfikir kritis. Salah satu syarat dalam pembelajaran biologi adalah praktikum yang dilaksanakan dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum.Penelitian ini dilatar belakangi oleh kendala yang dialami oleh guru biologi dalam pelaksanaan kegiatan praktikum pada pembelajaran biologi sehingga pelaksanaan kegiatan praktikum menjadi kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kegiatan praktikum pada pembelajaran biologi di SMA Negeri Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri di Kabupaten Muaro Jambi pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang diteliti sebanyak 3 guru dan 60 siswa dari SMA Negeri 1, 3 dan Titian Teras. Penelitian ini mengamati tiga tahap dalam kegiatan praktikum, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan penutupan kegiatan praktikum pada pembelajaran biologi. Analisis data didapatkan dengan mempersentasekan skor yang didapat dari angket siswa dan lembar observasi dan skor akan dikatergorikan sesuai dengan nilai yang didapatkan. Diperoleh persentase dari keseluruhan, yaitu SMAN 1 (87,74%), SMAN 3 (84,89%), dan SMAN Titian Teras (90,61%) yang dikategorikan sangat baik. Kesimpulan penelitian ini bahwa kegiatan praktikum pada pembelajaran biologi yang terdiri atas tahap persiapan (82,24%), pelaksanaan (90,43%) dan penutupan (88,20%) di SMA Negeri Kabupaten Muaro Jambi secara keseluruhan dinyatakan terlaksana dengan baik. Setelah dilakukannya penelitian ini diharapkan guru lebih meningkatkan kegiatan evaluasi praktikum seperti mengadakan post-test dan mengevaluasi laporan hasil pengamatan siswa

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MERY FITRIA EFRIYANI
Date Deposited: 26 Oct 2017 01:16
Last Modified: 26 Oct 2017 01:16
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2385

Actions (login required)

View Item View Item