Analisis Pelaksanaan Manajemen Laboratorium Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri Kabupaten Muaro Jambi

FISKA, MARIZA (2017) Analisis Pelaksanaan Manajemen Laboratorium Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri Kabupaten Muaro Jambi. Analisis Pelaksanaan Manajemen Laboratorium Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri Kabupaten Muaro Jambi. pp. 1-7.

[img] Text
Artikel_print.pdf

Download (201kB)

Abstract

Laboratorium merupakan suatu tempat khusus yang digunakan untuk melakukan kegiatan ilmiah, sebagai sarana penunjang kegiatan pembelajaran biologi. Sudah seharusnya setiap Sekolah Menengah Atas memiliki laboratorium dengan manajemen laboratorium yang baik untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen laboratorium biologi yang telah dilakukan oleh pengelola laboratorium serta guru biologi dalam pelaksanaan manajemen di SMA Negeri Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Analisis pelaksanaan manajemen laboratorium yang dilakukan meliputi: aspek perencanaan, pengorganisasian, pengadministrasian, penataan, dan pengamanan. Dalam penelitian ini data diperoleh dari observasi dan angket pelaksanaan manajemen laboratorium, data wawancara serta dokumentasi, kemudian data yang didapat dianalisis secara deskriptif. Urutan hasil skor observasi yang tertinggi dari SMA Negeri Titian Teras (3,67) kategori sangat baik dengan persentase 91,75%, SMA Negeri 1 (3,44) kategori baik dengan persentase 86% dan SMA Negeri 3 (2,88) kategori tidak baik dengan persentase 72%. Begitu juga hasil penskoran angket dan wawancara pelaksanaan manajemen laboratorium oleh guru biologi yang tertinggi dari SMA Negeri Titian Teras (3,47) kategori baik dengan persentase 86,75%, SMA Negeri 1(3,38) kategori baik dengan persentase 84,5% dan SMA Negeri 3 (3,08) kategori tidak baik dengan persentase 77%. Kemudian penskoran hasil wawancara dari SMA Negeri Titian Teras (3,76) kategori sangat baik dengan persentase 94%, SMA Negeri 1 (3,76) kategori sangat baik dengan persentase 94% dan SMA Negeri 3 (3,30) kategori tidak baik dengan persentase 82,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan manajemen laboratorium pada pembelajaran biologi yang terdiri dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pengadministrasian, penataan, dan pengamanan di SMA Negeri Kabupaten Muaro Jambi dinyatakan terlaksana dengan baik. Kata Kunci: Analisis, pelaksanaan manajemen, laboratorium.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MARIZA FISKA
Date Deposited: 26 Oct 2017 01:16
Last Modified: 26 Oct 2017 01:16
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2386

Actions (login required)

View Item View Item