Pengaruh Penerapan Model Pembelajran Two Stay Two Stray Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Materi Metabolisme Kelas XII SMA 2 Kota Jambi

AZWAR, AZMITA (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajran Two Stay Two Stray Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Materi Metabolisme Kelas XII SMA 2 Kota Jambi. Pengaruh Penerapan Model Pembelajran Two Stay Two Stray Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Materi Metabolisme Kelas XII SMA 2 Kota Jambi. pp. 1-10.

[img] Text
artikel mita.pdf

Download (434kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 2 Kota Jambi pada materi metabolisme . Hal ini disebakan banyak dari siswa menganggap bahwa belajar biologi sulit dipahami, oleh karena itu guru harus menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam setiap pembelajaran agar siswa aktif dalam belajar dan suasana kelas menyenangkan. Contoh model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam pembelajaran adalah Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbasis Saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray berbasis saintifik terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi metabolisme. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Kota Jambi, Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimen. Sampel yang digunakan terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Pemberian perlakuan dilakukan pada kelas eksperimen dengan menerapkan model Two Stay Two Stray Berbasis Saintifik, sedangkan pada kelas kontrol menerapkan model diskusi . Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda, angket dan pratikum disesuaikan dengan tiga aspek dari hasil belajar yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor serta telah diuji validitas dan realiabilitas. Hasil tes yang telah di dapat kemudian dianalisis. Uji hipotesis akan dilakukan menggunakan uji-t. Adapun t-hitung hasil belajar kognitif adalah 6,78 dan t-tabel diperoleh 1,671 Untuk aspek afektif diperoleh t-hitung adalah 5,16 dan t-tabel adalah 1,671 Untuk aspek psikomotor diperoleh t-hitung adalah 1,92 dan t-tabel adalah 1,671 Dari analisis uji hipotesis yang telah dilakukan terhadap data ketiga hasil belajar dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran two stay two stray berbasis saintifik terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor dengan hasil analisis uji hipotesis tolak H0. Kata Kunci: Model Pembelajaran Tw Stay Two Stray, Metabolisme, Hasil Belajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AZMITA
Date Deposited: 26 Oct 2017 01:17
Last Modified: 26 Oct 2017 01:17
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2392

Actions (login required)

View Item View Item