PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, AND EXPLAIN) BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI JAMUR (FUNGI) DI KELAS X MIA SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

Sinaga, Sisilia Martalina Yuliana (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, AND EXPLAIN) BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI JAMUR (FUNGI) DI KELAS X MIA SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, AND EXPLAIN) BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI JAMUR (FUNGI) DI KELAS X MIA SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. pp. 1-10.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH SISILIA .pdf

Download (589kB)

Abstract

Data hasil belajar materi jamur yang diperoleh dari observasi pendahuluan yang dilakukan di kelas X MIA SMA Negeri 11 Kota Jambi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi tersebut rendah. Hal ini disebabkan oleh banyaknya siswa yang menganggap bahwa materi tersebut sangat sulit untuk dipahami. Berdasarkan hal tersebut pendidik harus menggunakan model pembelajaran yang tepat agar dapat merubah pikiran siswa yang tadinya menganggap materi jamur adalah materi yang sulit dipahami menjadi siswa yang menganggap materi jamur adalah materi yang menyenangkan untuk dipelajari. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh pendidik adalah model pembelajaran POE. Belajar dengan model pembelajaran POE dapat digunakan oleh pendidik untuk dapat memberikan pengertian yang mendalam pada proses pembelajaran, dimana awal mulai belajar berasal dari sudut pandang siswa sehingga siswa dapat membentuk pengetahuannya berdasarkan observasi secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran POE berbasis saintifik terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi jamur (Fungi) di kelas X MIA SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jenis penelitian ini merupakan True Eksperimen. Sampel yang digunakan terdiri dari 2 kelas yaitu X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data untuk ranah kognitif menggunakan instrumen berupa tes, untuk ranah afektif menggunakan angket dan untuk ranah psikomotor menggunakan lembar unjuk kerja yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil tes yang telah didapat kemudian dianalisis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Adapun hasil belajar kognitif menunjukkan bahwa thitung = 3,65 > ttabel = 1,74 yang artinya HI diterima. Untuk hasil belajar aspek afektif menunjukkan bahwa thitung = 4,49 > ttabel = 1,74 yang artinya HI diterima. Untuk hasil belajar aspek psikomotor menunjukkan bahwa thitung = 2,2 > ttabel = 1,74 yang artinya HI diterima. Dari analisis uji hipotesis yang telah dilakukan terhadap ketiga data hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran POE berbasis saintifik terhadap hasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SISILIA MARTALINA YULIANA SINAGA
Date Deposited: 26 Oct 2017 01:17
Last Modified: 26 Oct 2017 01:17
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2406

Actions (login required)

View Item View Item