Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle (IOC) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasi Belajar Biologi Siswa Pada Materi Kingdom Protista Di Kelas X MIA SMA Negeri 4 Kota Jambi

Sari, Nur Indah Novita (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle (IOC) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasi Belajar Biologi Siswa Pada Materi Kingdom Protista Di Kelas X MIA SMA Negeri 4 Kota Jambi. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle (IOC) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasi Belajar Biologi Siswa Pada Materi Kingdom Protista Di Kelas X MIA SMA Negeri 4 Kota Jambi.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH Respository unja .docx

Download (249kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas X MIA SMA Negeri 4 Kota Jambi pada materi kingdom protista dikarenakan adanya siswa yang beranggapan bahwa mata pelajaran biologi itu bersifat rumit dan sulit untuk dipahami. Hal ini diketahui berdasarkan hasil observasi pendahuluan yang di laksanakan oleh peneliti. Oleh karena hal tersebut, guru sebagai tenaga pendidik diharapkan mampu untuk menggunakan berbagai model pembelajaran yang aktif baik secara fisik maupun mental. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle (IOC) Berbasis Kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC) berbasis kontekstual terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi kingdom protista pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik siswa kelas X MIA SMA Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Jambi, Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimen. Sampel yag digunakan terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemberian perlakuan dilakukan pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC) berbasis kontekstual, sedangkan pada kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional yang sesuai dengan pembelajaran yang ada di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Pengambilan data untuk aspek kognitif menggunakan instrumen berupa tes, aspek afektif menggunakan angket dan aspek psikomotor menggunakan lembar observasi serta telah diuji validitas dan realiabilitas. Hasil tes yang telah didapat kemudian dianalisis. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Adapun thitung hasil belajar kognitif adalah 3,70 dan ttabel diperoleh 1,67. Untuk aspek afektif diperoleh thitung adalah 1,79 dan ttabel adalah 1,67. Untuk aspek psikomotor diperoleh thitung adalah 2,22 dan ttabel adalah 1,67. Dari analisis uji hipotesis yang telah dilakukan terhadap ketiga data hasil belajar dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC) berbasis kontekstual terhadap hasil belajar biologi siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nur Indah Novita Sari
Date Deposited: 26 Oct 2017 06:53
Last Modified: 26 Oct 2017 06:53
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2407

Actions (login required)

View Item View Item