KESESUAIAN BUKU TEMATIK KELAS I SD/MI TEMA PERISTIWA ALAM TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DENGAN PERATURAN MENTERI NOMOR 24 TAHUN 2016 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013

KURNIATI, AMELIA KESESUAIAN BUKU TEMATIK KELAS I SD/MI TEMA PERISTIWA ALAM TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DENGAN PERATURAN MENTERI NOMOR 24 TAHUN 2016 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013. KESESUAIAN BUKU TEMATIK KELAS I SD/MI TEMA PERISTIWA ALAM TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DENGAN PERATURAN MENTERI NOMOR 24 TAHUN 2016 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (531kB)

Abstract

ABSTRAK Kurniati, Amelia. 2017. “Kesesuaian Buku Tematik Kelas I SD/MI Tema Peristiwa Alam Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Peraturan Menteri Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Drs. Maryono, M.Pd, Pembimbing II Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Kurikulum 2013 Penelitian ini dilakukan untuk melihat kesesuaian buku tematik kelas I SD/MI Tema Peristiwa Alam Edisi Revisi Tahun 2016 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013. Namun, masih terdapat ketidaksesuaian antara Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 dengan buku guru dan siswa yang ada dilapangan sehingga diperlukan analisis lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan ketidaksesuaian buku tematik kelas I SD/MI Tema Peristiwa Alam Edisi revisi tahun 2016 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Peraturan Menteri Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik pengolahan data deskriptif yaitu dengan cara menjelaskan suatu permasalahan, gejala, atau kejadian sebagaimana adanya, dan bukan menguji kebenaran hipotesis. Data penelitian ini dilihat dari aspek jaringan tema, tujuan pembelajaran, pengorganisasian materi, materi pelajaran, dan penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan kesesuaian Buku Tematik Kelas I SD/MI Tema Peristiwa Alam Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan dengan Peraturan Mentri Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 dengan persentase 91.66% dengan kriteria sangat sesuai. Adapun masing-masing aspek yaitu pada jaringan tema dengan persentase sebesar 80.2%, tujuan pembelajaran dengan persentase sebesar 87.5%, pengorganisasian materi dengan persentase sebesar 100%, materi pelajaran dengan persentase sebesar 97.9% dan penilaian pembelajaran dengan persentase sebesar 92.7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kesesuaian Buku Tematik Kelas I SD/MI Tema Peristiwa Alam Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan dengan Peraturan Mentri Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 telah sangat sesuai.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: Amelia Kurniati
Date Deposited: 04 Dec 2017 01:00
Last Modified: 04 Dec 2017 01:00
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2505

Actions (login required)

View Item View Item