HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI

Ningsih, Dwi S (2017) HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI. HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI. pp. 1-11.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI DWI.pdf

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi tentang perbedaan perkembangan sosial anak pada saat bermain dengan temannya, dari perbedaan tersebut peneliti ingin mengetahui apakah ada hubungannya dengan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Dilaksanakan di TK Negeri Pembina 2 dengan variabel penelitian adalah pola asuh dan perkembangan sosial anak usia dini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat Hubungan Pola Asuh dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh dengan perkembangan sosial pada anak usia dini di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh dengan perkembangan sosial anak usia dini. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 115 orang tua yang memiliki pola asuh. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling dan seluruh anggota populasi dipilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 115 orang responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi dari pola asuh otoriter, permisif, demokratis dan penelantaran berturut-turut adalah 0,514; 0,613; 0,232 dan 0,275. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi pola asuh lebih besar dari 0,05 (P>0,05) sehingga pola asuh orang tua memiliki hubungan dengan perkembangan sosial anak usia dini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pola asuh yang memiliki hubungan sangat kuat terhadap perkembangan sosial anak usia dini adalah pola asuh permisif, sedangkan pola asuh yang memiliki hubungan sedang terhadap perkembangan sosial anak usia dini adalah pola asuh otoriter dan pola asuh yang memiliki hubungan rendah terhadap perkembangan sosial anak usia dini adalah pola asuh demokratis dan penelantaran. Kata Kunci : Pola Asuh, Perkembangan Sosial Anak Usia Dini

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DWI SETIA NINGSIH
Date Deposited: 07 Dec 2017 06:59
Last Modified: 07 Dec 2017 06:59
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2525

Actions (login required)

View Item View Item