PENINGKATAN DAYA INGAT ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA MIND MAPPING PADA KELOMPOK B DI TK ISLAM AL-MUTTAQIN KOTA JAMBI

Pratiwi, Ade Fuji (2017) PENINGKATAN DAYA INGAT ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA MIND MAPPING PADA KELOMPOK B DI TK ISLAM AL-MUTTAQIN KOTA JAMBI. PENINGKATAN DAYA INGAT ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA MIND MAPPING PADA KELOMPOK B DI TK ISLAM AL-MUTTAQIN KOTA JAMBI. pp. 1-21.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurang tertariknya anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan media gambar pada buku majalah yang disampaikan guru sehingga daya ingat anak kurang terangsang dan hasil yang dicapai kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk Peningkatan Daya Ingat Anak Usia Dini Melalui Media Mind Mapping Pada Kelompok B Di TK Islam Al-Muttaqin Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus 4 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B di TK Islam Al-Muttaqin Kota Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018. Data penelitian ini tentang Daya Ingat yang dikumpulkan dengan metode observasi. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan daya ingat anak kelompok B dengan menggunakan media mind mapping. Daya ingat anak sebelum diberi tindakan sebesar 25,89% termasuk dalam kriteria anak mulai berkembang, Daya Ingat anak setelah diberi tindakan pada siklus 1 pertemuan ke-1 meningkat menjadi (28,63%), siklus I pertemuan ke-2 menjadi (34,01%), siklus I pertemuan ke-3 meningkat menjadi (38,02%) dan siklus I pertemuan ke-4 meningkat menjadi (46,66). Adapun hasil rata-rata persentase pada siklus I selama 4 pertemuan adalah 36,83% pencapaian tersebut termasuk ke dalam kriteria mulai berkembang (25%-50%). Pada siklus II pertemuan ke-1 meningkat menjadi (64,12%) , siklus ke II pertemuan ke-2 meningkat menjadi (73,09%), siklus II pertemuan ke-3 meningkat menjadi (82,20%) dan siklus ke II pertemuan ke-4 meningkat menjadi (91,36%). Adapun hasil rata-rata persentase pada siklus II selama 4 pertemuan adalah 77,69% pencapaian tersebut termasuk ke dalam kriteria berkembang sangat baik (75%-100%). Jadi peningkatan melalui media mind mapping dapat meningkatkan daya ingat anak serta menarik minat anak untuk belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada daya ingat anak setelah menggunakan media mind mapping.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ADE FUJI PRATIWI
Date Deposited: 07 Dec 2017 07:57
Last Modified: 07 Dec 2017 07:57
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2530

Actions (login required)

View Item View Item