Detail Buku

Buku Budidaya Buah-Buahan Tropis

Rp 134,000

Pengarang Zulkarnain
Institusi Universitas Jambi
Kategori Buku Referensi
Bidang Ilmu Pertanian
ISBN 978-602-401-913-6
Ukuran 15.5×23 cm
Halaman
x, 328 hlm
Harga 134.000
Ketersediaan Pesan Dulu
 Tahun  2017
Category:

Description

Sinopsis Buku Budidaya Buah-Buahan Tropis

Buku Budidaya Buah-Buahan Tropis | Buku ini disusun dengan maksud untuk menambah bahan rujukan di bidang hortikultura, khususnya buah-buahan tropis khas unggulan Indonesia. Materi yang disajikan disesuaikan dengan jenis komoditas buah-buahan yang diunggulkan dan diprioritaskan pengembangannya di Indonesia, yang mencakup aspek-aspek sejarah, botani, budidaya, pascapanen, pemanfaatan serta prospek agribisnisnya. Selain itu, materi juga didukung oleh berbagai hasil penelitian baik di dalam maupun di luar negeri, khususnya yang terkait dengan komoditas buah-buahan yang disajikan.

Buku ini terdiri dari 12 bab yang mana bab pertama akan dibahas tentang perkembangan buah unggul di Indonesia mulai dari manfaat, buah-buahan unggulan Indonesia, tantangan oengembangan buah-buahan, kebijakan pengembangan buah-buahan di Indonesia. Bab selanjutkan adalah bahasan buah-buah unggul. Ada 10 Buah yang dibahas diantaranya manggis, durian, duku, nanas, jeruk, pisang, mangga, rambutan, pepaya, dan semangka. Setiap bab akan membahas tuntang buah-buahan tersebut mulai dari asal-usul, jenis-jenisnya, botani, syarat tumbuh, kultur teknik, hama dan penyakit, panen dan pasca panen, nilai gizi dan manfaat.

Bab terakhir akan membahas agribisnis buah-buahan unggul di Indonesia. Pengembangan agribisnis buah-buahan sangat prospektif karena tingginya permintaan, baik di pasar domestik maupun di luar negeri. Peluang peningkatan produksi aneka jenis buahbuahan terbuka lebar karena tingginya potensi sumber daya alam
baik berupa tanah yang subur maupun iklim yang mendukung. Kondisi agroekologi demikian mendukung potensi pengembangan hampir semua jenis buah, termasuk buah-buahan yang berasal dari daerah subtropis. Selain itu, jumlah penduduk yang terus berambah serta meningkatnya pendapatan masyarakat akan meningkatkan kebutuhan pangan berkualitas dan beragam sehingga merangsang tumbuhnya agroindustri. Oleh karena itu, tidaklah berlebihan bila dikatakan bahwa komoditas hortikultura, terutama buah-buahan, memiliki prospek yang cerah dalam mendukung pembangunan ekonomi melalui sektor pertanian.

Ketahanan pangan telah menjadi komitmen nasional berdasarkan tiga peran strategisnya dalam pembangunan nasional, yaitu: 1) akses terhadap pangan dan gizi yang cukup merupakan hak yang paling asasi bagi manusia, 2) pangan berperan penting bagi pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas, dan 3) ketahanan pangan merupakan salah satu pilar utama ketahanan ekonomi dan ketahanan nasional. Komitment ini telah dituangkan
dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi.

Buku Budidaya Buah-Buahan Tropis ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Pendidikan Deepublish. 

 

Lihat juga kategori buku-buku yang lain:

Buku Pertanian Buku Farmasi | Buku Geografi | Buku Komunikasi | Buku Arsitektur | Buku Pariwisata

Additional information

Weight 0.2 kg

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Buku Budidaya Buah-Buahan Tropis”

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *