Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia di SMA Negeri 2 Muara Bungo

Sarlita, Reza Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia di SMA Negeri 2 Muara Bungo. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia di SMA Negeri 2 Muara Bungo.

[img] Text
Artikel Reza Sarlita.pdf

Download (518kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi termokimia di SMA Negeri 2 Muara Bungo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi-eksperimental dengan desain Posttest Only Control Design. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI oleh guru dan siswa serta lembar observasi dan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran ini terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan dengan uji korelasi dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kemampuan berpikir kritis siswa berjalan dengan baik ditandai dengan peningkatan disetiap pertemuannya dengan rata-rata keterlaksanaan model oleh guru 79,54% dengan kategori baik, oleh siswa 74,97% dengan kategori baik. Sedangkan rata-rata hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa 64,69% dengan kategori baik dan tes 70,11%. Hasil pengujian hipotesis diperoleh terima Ha dan tolak Ho dengan nilai r = 0,68 pada kategori kuat dan uji-t sebesar 5,003. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa keterlakanaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi termokimia di SMA Negeri 2 Muara Bungo.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: REZA SARLITA
Date Deposited: 12 Dec 2017 07:49
Last Modified: 12 Dec 2017 07:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2542

Actions (login required)

View Item View Item