HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN DENGAN TINGKAT PENYESUAIAN DIRI SISWA SMP NEGERI 4 KOTA JAMBI

SILVIA, MEGA (2017) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN DENGAN TINGKAT PENYESUAIAN DIRI SISWA SMP NEGERI 4 KOTA JAMBI. Artikel Ilmiah, 13 (13). pp. 1-13. ISSN ERA1D012077

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Manfaat layanan penempatan dan penyaluran : Membantu siswa agar mampu menempatkan, menyalurkan dan merealisasikan dirinya pada keadaan posisi yang tepat. Menyalurkan segala kemampuan, bakat dan minat yang dimiliki siswa sehingga siswa dapat berkembang secara optimal dan memperoleh kepuasaan. Memberikan kemudahan bagi guru dalam pengelolaan kelas dan program pengajaran. Fenomena dilapangan sendiri menurut keterangan kepala SMP Negeri 4 Kota Jambi, bahwa layanan penempatan dan penyaluran sering sekali akan berhubungan langsung dialami siswa dianggap merupakan masalah penting dalam pengelolaan siswa di sekolah karena hal ini sangat erat hubungannya dengan penyesuaian diri siswa. Dari kenyataan di lapangan sering ditemukan para siswa SMP Negeri 4 Kota Jambi, yang mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dalam belajar. Hubungan antara pengetahuan layanan penempatan dan penyaluran dengan tingkat penyesuaian diri siswa di SMP Negeri 4 Kota Jambi, yang berkaitan dengan : (1) Pengetahuan layanan penempatan & penyaluran dan (2) Penyesuaian diri yang terdiri dari : (a) Penyesuaian diri sendiri (Personal Adjustment) dan (b) Penyesuaian sosial (Social Adjustment). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : “Terdapat hubungan antara pengetahuan layanan penempatan dan penyaluran dengan penyesuaian diri pada SMP Negeri 4 Kota Jambi”. Penelitian ini dilakukan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik, yaitu regresi linier di SMP Negeri 4 Kota Jambi dengan populasi 180 dan sampel 86 orang siswa diambil secara simple random sampling Hasil pengolahan data tentang hubungan antara pengetahuan layanan penempatan dan penyaluran dan penyesuaian diri, ternyata perhitungan melalui menggunakan persamaan produk moment dengan kriteria penafsiran korelasi untuk rxy = 0,361 hal ini korelasi tergolong korelasi rendah, hubungan jelas tetapi kecil, dan untuk menguji signifikasinya maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara pengetahuan layanan penempatan dan penyaluran dan penyesuaian diri. Pengetahuan layanan penempatan dan penyaluran dengan penyesuaian diri mempunyai implikasi penting dalam bimbingan dan konseling. Dengan adanya layanan penempatan dan penyaluran dan penyesuaian diri siswa akan dapat menimbulkan kebahagiaan pada diri siswa sehingga siswa dapat mengembangkan penyesuaian diri dengan baik dan optimal. Bila hasil penelitian ini diimplikasikan pada kegiatan bimbingan dan konseling maka dalam proses konseling berupaya membantu siswa untuk dapat memperoleh penyesuaian diri yang optimal dan menumbuhkan pandangannya serta anggapannya mengenai belajar secara positif yang pada gilirannya akan menimbulkan penyesuaian diri pada diri siswa. Kata Kunci : Layanan penempatan dan penyaluran, Penyesuaian diri siswa

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: MEGA SILVIA
Date Deposited: 27 Dec 2017 03:08
Last Modified: 27 Dec 2017 03:08
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2582

Actions (login required)

View Item View Item