IDENTIFIKASI MANFAAT MENGIKUTI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DI SMP NEGERI 37 MUARO JAMBI

PRANATA, ANGGA IDENTIFIKASI MANFAAT MENGIKUTI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DI SMP NEGERI 37 MUARO JAMBI. IDENTIFIKASI MANFAAT MENGIKUTI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DI SMP NEGERI 37 MUARO JAMBI. (Submitted)

[img] Text
artikel.pdf

Download (5kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Identifikasi Manfaat Mengikuti Layanan Penguasaan Konten di SMP Negeri 37 Muaro Jambi Nama : ERA1D009159 Pembimbing : 1. Fadzlul, S.Psi, M.Psi, Psi 2. Drs. Rasimin, M.Pd Pelayanan layanan penguasaan konten di SMP, merupakan kegiatan inti pendukung pelaksanaan proses layanan penguasaan konten. Sebagai pelayanan yang lengkap terpadu dan menyeluruh, layanan penguasaan konten di sekolah lanjutan meliputi bidang-bidang yaitu pengembanan kehidupan pribadi, pengembangan kemampuan hubungan sosial, pengembangan kegiatan belajar, pengembangan dan perencanaan karir, pengembangan kehidupan berkeluarga dan pengembangan kehidupan beragama. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa, dalam kurun waktu perkembangan bimbingan dan konseling di sekolah sampai saat ini belum menunjukkan peranan sebagaimana yang diharapkan. Sekalipun, dari beberapa sekolah bimbingan dan konseling sudah berperan sesuai dengan kondisi di sekolah masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi manfaat mengikuti layanan penguasaan konten dilihat dari (1) Sikap dan kebiasaan belajar, (2) Teknik belajar / cara belajar, dan (3) Merencanakan pendidikan di SMP Negeri 37 Muaro Jambi. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha mengungkapkan keadaan lapangan yang sebenarnya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 37 Muaro Jambi dengan jumlah 38 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi sebab seluruh anggota populasi menjadi sampel penelitian. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui angket dengan skala dikhotomis dan diolah dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Identifikasi manfaat mengikuti layanan penguasaan konten indikator sikap dan kebiasaan belajar di SMP Negeri 37 Muaro Jambi yang berkaitan berada pada kualitas baik (76,9%) artinya sikap dan kebiasaan belajar sudah baik. (2) Identifikasi manfaat mengikuti layanan penguasaan konten indikator teknik belajar / cara belajar di SMP Negeri 37 Muaro Jambi yang berkaitan berada pada kualitas baik (75,6%) artinya teknik belajar / cara belajar sudah baik, dan (3) Identifikasi manfaat mengikuti layanan penguasaan konten indikator merencanakan pendidikan di SMP Negeri 37 Muaro Jambi yang berkaitan berada pada kualitas baik (81%) artinya merencanakan pendidikan sudah baik. Implikasi hasil penelitian terhadap layanan bimbingan dan konseling ini dapt dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Membantu mengembangkan suasana kelas, hubungan guru-siswa dan hubungan siswa-siswa yang menunjang pelaksanaan bimbingan dan konseling. (2) Memberikan kesempatan dan kemudahan kepada siswa yang memerlukan layanan/kegiatan bimbingan dan konseling untuk mengikuti/menjalani layanan/kegiatan yang dimaksudkan itu. (3) Berpartisipasi dalam kegiatan khusus penanganan masalah siswa, seperti konferensi kasus, dan (4) Membantu pengumpulan informasi dalam rangka penilaian pelayanan bimbingan dan konseling dan upaya tindak lanjutnya.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: ANGGA PRANATA
Date Deposited: 22 Dec 2017 07:27
Last Modified: 22 Dec 2017 07:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2589

Actions (login required)

View Item View Item