PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 KOTA JAMBI

OKTONIKA, EDISA (2017) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 KOTA JAMBI. Bimbingan & Konseling. (Submitted)

This is the latest version of this item.

[img] Text
SKRIPSI EDISA.pdf

Download (681kB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi : Pengaruh Pemberian Layanan Penguasaan Konten Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SMPN 2 Kota Jambi Nama : Edisa Oktonika NIM : A1E113021 Pembimbing I : Prof. Dr. Hj. Emosda, M.Pd. Kons. Pembimbing II : Dr. Akmal Sutja, M.Pd. Kata Kunci : Kedisiplinan, Layanan penguasaan konten Kedisiplinan dapat dikatakan sebagai kunci sukses bagi kegiatan belajar siswa di sekolah, karena dengan disiplin maka setiap siswa akan menciptakan rasa nyaman serta aman belajar bagi dirinya sendiri, sekaligus bagi siswa lain yang berada di lingkungan sekolah. Fenomena yang ada di SMPN 2 Kota Jambi masih terdapat siswa yang tingkat kedisiplinan yang rendah, bisa dikatakan terdapat kesenjangan atau masalah yang terjadi pada kedisipilan siswa seperti masih terdapat siswa yang tidak mematuhi peraturan yang berlaku sehingga perilaku disiplin belum tampak pada diri setiap siswa. Melihat fenomena yang demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pemberian layanan penguasaan konten terhadap kedisiplinan siswa. Layanan penguasaan konten dalam masalah ini dibatasi pada bidang pengembangan kehidupan pribadi, sedangkan kedisiplinan siswa dibatasi dengan adanya peraturan, hukuman, penghargaan, dan konsistensi. Prayitno (2012:89) mengatakan bahwa layanan penguasaan konten merupakan layanan bantuan kepada individu untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar. Tuwuh Trisnayadi (2007:40) mengatakan disiplin merupakan suatu sikap mental untuk mengendalikan diri agar tidak melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang telah di tetapkan dalam rangka mencapai suatu tujuan. Penelitian ini menggunakan jenis semi eksperimen dengan menggunakan one group prettest-posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMPN 2 Kota Jambi yang berjumlah 35 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan alternatif jawaban “Ya atau Tidak” sebanyak 31 item. Instrument tersebut telah di validitaskan dan diuji realibelnyanya oleh tim ahli UPBK FKIP Universitas Jambi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas menggunakan metode kolmogornov smirnov dan uji t-test. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan hasil bahwa kedisiplinan siswa sebelum diberi treatment berupa layanan penguasaan konten sebesar 871 dan sesudah diberikan treatment berupa layanan penguasaan konten sebesar 978. Berdasarkan hasil uji t-test untuk t-hitung sebesar 8,209 dan t-tabel pada tingkat kepercayaan 0.05 dan 0.10 sebesar 2.042 dan 2.750 itu artinya hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan layanan penguasaan konten dapat mempengaruhi kedisiplinan siswa SMPN 2 Kota Jambi dapat diterima. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya guru pembimbing dalam memberikan layanan bimbingan konseling lebih mengupayakan keaktifan siswa dalam mengikuti layanan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: EDISA OKTONIKA
Date Deposited: 11 Jan 2018 01:52
Last Modified: 11 Jan 2018 01:52
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2646

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item