Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Metakognitif pada Tingakt Berpikir Kreatif Siswa Untuk Materi Hidrokarbon Di Kelas XI MAN Model Kota Jambi

Ramadhan, Ardian Anugrah and Muhaimin, Muhaimin and Bakar, Abu Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Metakognitif pada Tingakt Berpikir Kreatif Siswa Untuk Materi Hidrokarbon Di Kelas XI MAN Model Kota Jambi. Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Metakognitif pada Tingakt Berpikir Kreatif Siswa Untuk Materi Hidrokarbon Di Kelas XI MAN Model Kota Jambi. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL ARDI.pdf

Download (703kB)

Abstract

Ardian.2017. Pengaruh Penerapan Model Projejct Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Metakonitif Pada Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Untuk Materi Hidrokarbon Di kelas XI IPA Man Model Kota jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Dr.rer.nat, Muhaimin, S.Pd, M.Si, Pembimbing II: Drs. Abu Bakar, M.Pd Kata Kunci: Model PjBL, Keterampilan Metakognisi Berpikir Kreatif, Hidrokarbon. Strategi menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL), merupakan salah satu model untuk mendukung keterampilan metakognitif siswa. Metakognitif diperlukan untuk mensukseskan pembelajaran PjBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model PjBL dan mengetahui pengaruh antara keterlaksanaan model PjBL terhadap keterampilan metakognitif pada tingkat berpikir kreatif siswa di MAN Model Kota Jambi dalam pembelajaran hidrokarbon. Desain penelitian ini adalah Quasi-experimental desain dengan jenis penelitian The Non-Equivalent Control Group menggunakan sampel penelitian Purposive Sampling. Adapun sampel yang dipilih 2 kelas yaitu kelas XI MIA 3 (kelas eksperimen) dan XI MIA 2 (kelas kontrol). Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model PjBL baik dari guru maupun siswa, lembar observasi keterampilan metakognitif siswa, serta pretest-posttest. Data kuantitatif diuji normalitas dan homogenitasnya kemudian dicari hubungan keterlaksanaan model PjBL dan keterampilan metakognitif pada tingkat berpikir kreatif siswa dengan korelasi produk momen. Selanjutnya dilakukan uji-t untuk melihat signifikansi pengaruh keterlaksanaan model PjBL dengan keterampilan metakognisi pada tingkat berpikir kreatif siswa. Keterlaksanaan model PjBL oleh guru dan siswa adalah baik. Data ini berdistribusi normal dan homogen, koefisien korelasi yang diperoleh yaitu sebesar 0,628, berarti hubungan antara keterlaksanaan model PjBL dengan keterampilan metakognitif pada tingkat berpikir kreatif siswa memiliki tingkat hubungan kuat. Di lihat dari thitung lebih besar dari ttabel (5,294<2,037). berarti keterlaksanaan model PjBL berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif pada tingkat berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa keterlaksanaan model PjBL berjalan dengan baik dan terdapat pengaruh antara keterlaksanaan model PjBL dengan keterampilan metakognitif pada tingkat berpikir kreatif siswa siswa dalam pembelajaran di MAN Model kota Jambi.

Type: Article
Informasi Tambahan: tidak ada
Uncontrolled Keywords: Artikel ini menggambarkan tentang sesuatu penelitian yang menggunakan model pembelajaran PjBL dalam pengaruh terhadap Keterampilan metakognitif pada tingkat berpikir kreatif siswa untuk materi hidrokarbon di kelas XI Man Model Kota jambi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: ARDIAN ANUGRAH R
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:57
Last Modified: 12 Jan 2018 08:57
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2687

Actions (login required)

View Item View Item