Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-learning Mata Kuliah Perpajakan pada Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi

Sari, Nurmala and Kohar, Farida and Suratno, Suratno (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-learning Mata Kuliah Perpajakan pada Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi. TESIS.

[img] Text
Artikel Nurmala Sari.pdf

Download (448kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan produk media pembelajaran berbasis e-learning mata kuliah perpajakan pada Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi. (2) Meningkatkan efektifitas pembelajaran mahasiswa pada mata kuliah perpajakan dengan menggunakan e-learning yang dikembangkan. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model Lee dan Owens (2004). Model ini terdiri dari lima tahapan yakni: (1) Analisis (analysis), (2) Desain (design), (3) Pengembangan (development), (4) Implementasi (implementation), (5) Evaluasi (evaluation). Data Penelitian diperoleh melalui: (1) Observasi, (2) Angket, (3) Wawancara, (4) Tes Hasil Belajar. Penelitian dan pengembangan ini dimulai dari analisis kebutuhan sampai dengan tahap evaluasi. Produk yang dikembangkan direvisi oleh tim ahli untuk melihat kelayakan, kemenarikan, kemudahan penggunaan dan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik, selanjutnya diuji cobakan pada mahasiswa yang mengontrak mata kuliah perpajakan meliputi, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Hasil penelitian secara keseluruhan, dari hasil validasi oleh ahli materi dan ahli multimedia menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis e-learning yang dikembangkan dinilai layak. Berdasarkan data angket respon siswa bahwa media pembelajaran berbasis e-learning mendapat kriteria sangat layak. Pada uji coba kelompok besar/ lapangan (field trial) kepada 25 orang mahasiswa yang mengontrak mata kuliah perpajakan, diperoleh hasil nilai rata-rata pre-test 61,8 dan post-test dengan nilai rata-rata 80,4. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis e-learning yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiwa pada mata kuliah perpajakan. Berdasarkan hasil penelitian e-learning ini dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran mata kuliah perpajakan pada Prodi Pendidikan Ekonomi lebih menarik. Pemanfaatan e-learning pada mata kuliah perpajakan bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi adalah sebagai salah satu sumber belajar aktif dan mandiri, sehingga untuk meningkatkan pengembangan e-learning perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Kata kunci : Media Pembelajaran, Perpajakan, E-learning

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: NURMALA SARI
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:29
Last Modified: 12 Jan 2018 08:29
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2716

Actions (login required)

View Item View Item