PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROGRAM ADOBE FLASH CS3 PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS DI SMK NEGERI 5 KOTA JAMBI

Dwijayanti, Novia Sri (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROGRAM ADOBE FLASH CS3 PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS DI SMK NEGERI 5 KOTA JAMBI. Universitas Jambi.

[img] Text (ARTIKEL TESIS)
ARTIKEL a.n NOVIA SRI DWIJAYANTI.doc - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis program adobe flash CS3 yang menarik pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis di SMK Negeri 5 Kota Jambi. 2) Untuk mengetahui apakah media pembelajaran berbasis program adobe flash CS3 yang dikembangkan layak untuk digunakan dan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis di SMK Negeri 5 Kota Jambi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan Lee dan Owens (2004:128) yakni ADDIE (Analysis, Design, Develpoment, Impelemntation, and Evaluationi). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Negeri 5 Kota Jambi berjumlah 22 siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah (1) observasi, (2) angket, (2) evaluasi ahli media, (3) evaluasi ahli materi, (4) evaluasi media oleh guru bidang studi, (5) evaluasi media oleh siswa, (6) soal pretest dan postest. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: 1) tahap analisis. Analisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran, (2) tahap desain, pembuatan desain media yaitu berupa storyboard, (3) tahap pengembangan, pembuatan produk media, berupa pengetikan dan revisi dari para ahli, (4) tahap implementasi, uji coba produk, (5) tahap evaluasi, berdasarkan angket dosen ahli media, materi, guru dan siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mempunyai kriteria layak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, 1) Prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis program adobe flash CS3 yang menarik pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis di SMK Negeri 5 Kota Jambi, dilakukan secara sistematis dengan memenuhi teori pengembangan yaitu melalui tahapan yang disingkat ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) yang menghasilkan produk media pembelajaran berbasis program adobe flash CS3 yang menarik pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis di SMK Negeri 5 Kota Jambi. 2) Media pembelajaran berbasis program adobe flash CS3 yang dikembangkan layak untuk digunakan dan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis di SMK Negeri 5 Kota Jambi pada pokok bahasan hukum permintaan dan hukum penawaran. Media pembelajaran layak digunakan hal tersebut dapat diperoleh dari hasil uji coba yaitu: 1) hasil validasi ahli isi/materi 87% kategori sangat laya, 2) hasil validasi ahli media 85% kategori layak, 3) hasil uji coba guru bidang studi 88% kategori sangat layak, dan 4) hasil penilaian dari siswa 90% kategori sangat layak. Dan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dapat dilihat dari selisih persentase dari proses pre-test dan post-test sebesar 11%. Jika dikonversikan ke dalam kriteria hasil post-test adalah 73%. Dari 22 siswa ada 17 siswa yang mengalami kenaikan nilai, 2 siswa mengalami penurunan nilai, dan 3 siswa nilainya tetap.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: NOVIA SRI DWIJAYANTI
Date Deposited: 18 Jan 2018 08:37
Last Modified: 18 Jan 2018 08:37
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/2758

Actions (login required)

View Item View Item