Model dan Profil Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Sekolah dan Kreatifitas Kerja Guru Di SMA Akreditasi A di Kota Madya Jambi

Hadiyanto, Hadiyanto and Eddy, Haryanto (2015) Model dan Profil Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Sekolah dan Kreatifitas Kerja Guru Di SMA Akreditasi A di Kota Madya Jambi. LPPM Universitas Jambi. (Unpublished)

[img] Text
Article.docx

Download (73kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model kepemimpinan kepala sekolah, Iklim Sekolah dan Kreatifitas Guru di SMA terkareditasi A di Kota Madya Jambi. Penelitian ini menggunakan rancangan survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 127 guru SMA terakreditasi A. Kuesioner model closed-ended telah digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahawa kepemimpinan kepala sekolah secara keseluruhan adalah baik dengan nilai min rata-rata berda pada tahap tinggi. Iklim Organisasi menunjukan bahawa Iklim Organisasi ekolah pada pada SMA terakreditasi A secara keseluruhan memberikan nilai min pada tahap tinggi. Namun hanya ada satu pernyataan berada pada tingkat nilai min sangat tinggi yaitu nilai penyataan nomor 1 (hubungan guru dengan Kepala Sekolah baik). Ini berarti bahawa iklim sekolah dari segi indikator yang lain belum pada tahap yang maksimum. Temuan deskriptif dari segi kreatifitas guru memberikan nilai min berada pada tahap tinggi. Arti dari temuan ini adalah secara keseluruhan keratifitas guru adalah baik atau berada pada tingkat tinggi. Hasil analisis regresi menunjukkan tujuh pola kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi kreatifitas guru secara positif yaitu memahami kesulitan dan masalah guru, berkerja berlandaskan hubungan kemanusiaan, memberi motivasi, berkepentingan dengan staf dan sekolah, mampu mengatasi stress, berkepentingan dengan staf dan sekolah, dan melakukan kompromi untuk mencapai kesepatan dengan jumlah kontribusi 69%. Selanjutnya analisisi regresi moderasi menhasilkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah pada iklim sekolah yang lebih baik akan memberikan efek moderasi yang signifikan dalam meningkatkan kreatifitas guru.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: HADIYANTO
Date Deposited: 15 Feb 2017 15:20
Last Modified: 15 Feb 2017 15:20
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item View Item