IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV B SDN NO. 34/1 TERATAI

TANIA PURWANI, LUSY IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV B SDN NO. 34/1 TERATAI. IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV B SDN NO. 34/1 TERATAI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (118kB)

Abstract

ABSTRAK Purwani, T.L. 2017. “Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi di Kelas IV B SD Negeri No. 34/1 Teratai”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si. (2) Dwi Kurnia Hayati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi Pendekatan Saintifik Pendekatan saintfik merupakan pendekatan yang harus diterapkan pada kurikulum 2013. Terdapat 5 langkah pendekatan saintifik yaitu, mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan. Setiap guru mempunyai cara yang berbeda dalam mengimplementasikan 5 langkah tersebut. Guru kelas memiliki cara yang unik saat mengimplementasikan langkah-langkah tersebut. Selain itu guru telah menggunakan penilaian autentik untuk menilai proses belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tema 2 selalu berhemat energi di kelas IV B SD Negeri No. 34/1 Teratai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini di SD Negeri No. 34/1 Teratai, kecamatan Muara Bulian, kabupaten Batang Hari. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah guru telah melaksanakan sebelas indikator yang ada pada pendekatan saintifik dan melakukan kelima langkah pendekatan saintik. Pada kegiatan mengamati diperoleh melalui kegiatan mencari informasi, mendengar, membaca atau menyimak, kegiatan menanya diperoleh melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, kegiatan mencoba diperoleh melalui mengamati aktivitas, kejadian tertentu, kegiatan mengasosiasi diperoleh melalui kegiatan menganalisis data, mengelompokkan, membuat kategori, menyimpulkan dan memprediksi, kegiatan mengkomunikasikan diperoleh dengan cara menyampaikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan, tulisan atau gambar yang di presentasikan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan mengenai implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tema 2 selalu berhemat energi di kelas IV B SD Negeri 34/1 Teratai guru telah berupaya mengimplementasikan pendekatan saintifik sebaik mungkin. Dengan cara menerapkan sintak-sintak pendekatan saintifik serta melakukan penilaian sesuai kurikulum 2013.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: LUSY TANIA PURWANI
Date Deposited: 26 Jan 2018 01:01
Last Modified: 26 Jan 2018 01:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2871

Actions (login required)

View Item View Item