Pengembangan Kompetensi Inti; Hard Skills, Soft Skills dan Academic Character Mahasiswa Bahasa Inggris dalam Proses Pengajaran dan Pembelajaran

Hadiyanto, Hadiyanto and Eddy, Haryanto and Masbirorotni, Masbirorotni and Nunung, Fajaryani (2016) Pengembangan Kompetensi Inti; Hard Skills, Soft Skills dan Academic Character Mahasiswa Bahasa Inggris dalam Proses Pengajaran dan Pembelajaran. Project Report. LPPM Universitas Jambi, Universitas Jambi. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
LAPORAN AKHIR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan kompetensi inti mahasiswa bahasa Inggris dalam kurrikulum dan porses pangajaran di Universitas Jambi. Pada tahun pertama kajian, dua jenis instrumen telah dibuat dan dirancang dan kemudian digunakan untuk mengkaji tingkat Pengembangan Core Competencies dari persepsi mahasiswa dan dosen dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Hasil produk utama dari penelitian pada tahun 1 adalah instrument pengukuran Core Competencies Practices dalem proses pengajaran dan pembelajaran untuk mahasiswa dan dosen. Masing masing instrument mempunyai jumlah konstruk dan indikator yang sama. Core competencies terdiri dari soft skills meliputi communication skills, IT Skills, Numeracy, Learning how to learn, Problem Solving Skills dan Working with others. Sedangkan Hard skills tidak dibagikan dalam sub-indikator. Academic character dibagikan dalam sub-konstruk yaitu Honesty, Appreciating, Tolerance, Discipline, Patient, Confidence dan Responsible. Hasil Uji coba Students’ Report menunjukkan secara keseluruhan isntrumen layak untuk digunakan secara luas. Hasil Confirmatory factor analysis juga menunjukkan kesahan sub-konstruk pada tiap tiap konstruk utama. Hasil tingkat pengembangan Core Competencies menunjukkan bahwa min pengembangan Core Competencies mahasiswa berada dibawah 4.2. Ini berarti pengembangan Core Competencies mahasiswa masih jauh dari nilai min standar yang harus dicapai. Untuk itu model pengembangan Core Competencies harus dikembangkan, diujicobakan dan akhirnya diterapkan.

Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: HADIYANTO
Date Deposited: 16 Feb 2017 04:14
Last Modified: 16 Feb 2017 04:14
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item