Optimalisasi Media Pembelajaran E-Learning Edmodo pada Aktifitas Pengajaran dan Pembelajaran Mata Kuliah Research Proposal and Seminar di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Abrar, Mukhlash and Hadiyanto, Hadiyanto (2015) Optimalisasi Media Pembelajaran E-Learning Edmodo pada Aktifitas Pengajaran dan Pembelajaran Mata Kuliah Research Proposal and Seminar di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Project Report. LPPM Universitas Jambi, LPPM Universitas Jambi. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
lAPORAN PENELITIAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan pengajaran dan pembelajaran mata kuliah Reserach Proposal and Seminar dengan menggunakan model E-learning Edmodo. Edmodo mudah dan aman bagi sebuah kelas untuk terhubung dan berkolaborasi, berbagi content, Video, Gambar, dan akses pengerjaan tugas kuliah, memberikan penilaian dan pemberitahuan. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan (Action Research) dengan menggunakan kualitatif sebagai metode utama. Subjek dalam penelitian ini adalah Dosen (peneliti itu sendiri) dan Mahasiswa regular yang terlibat dalam pengajaran dan pembelajaran Research on ELT.Tahap penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi dari model Kemmis dan Taggart (1988) yang meliputi; perencanaan, tindakan, penegamatan dan refleksi. Penelitian telah dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Instrumen penelitian menggunakan Diari dosen, Catatan mahasiswa, Observasi tim peneliti, dan FGD melalui Edmodo. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Edmodo yaitu PTK yang bertujuan memaksimumkan penggunaan Edmodo dalam pengajaran mata kuliah Research Proposal and Seminar telah berhasil dilaksanakan. Dosen dapat menggunakan dan melakukan pebaikan proccess, dan meningkatkan aktifitas dan kretaifitas dalam Pengajaran mata kuliah Research Proposal and Seminar. Dari sisi Mahasiswa, mereka dapat mengikuti perkuliahan dengan E-learning Edomodo. Aktifitas dan kreatifitas dalam pembelajaran matakuliah ini menjadi lebih meningkat. Mahasiswa sangat termotivasi dalam mengikuti perkulihan dengan menggunakan Edmodo. Mereka termotivasi untuk menyelesaikan tugasnya tepat pada waktunya. Mahasiswa menyukai Edmodo sebagai media pembelajaran, karna dapat bertanya kepada dosen darimana saja dan kapan saja. Singkatnya mahasiswa bersikap amat positif terhadap penggunaan Edmodo untuk memaksimumkan aktifitas belajar mereka. Oleh karenanya peneliti merekomendasikan pada tenaga pengajar, khususnya dilingkungan pendidikan bahasa Iggris untuk menggunakan E-learning dalam memaksimumkan dan meningkatkan aktifitas, kreatifitas dan kualitas proses pengajaran dan pembelajaran.

Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: HADIYANTO
Date Deposited: 16 Feb 2017 04:14
Last Modified: 16 Feb 2017 04:14
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item View Item