PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIIIA SMPN 5 BATANG HARI TAHUN AJARAN 2017/2018

YONANI, MELI PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIIIA SMPN 5 BATANG HARI TAHUN AJARAN 2017/2018. PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIIIA SMPN 5 BATANG HARI TAHUN AJARAN 2017/2018. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL MEL.pdf

Download (468kB)

Abstract

ABSTRAK Yonani, Meli, 2018. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Hasil Belajar Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIIIA SMPN 5 Batanghari Tahun Ajaran 2017/2018, Prodi Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Andiopenta Purba M.Pd, M.Div,. (II) Drs. Albertus Sinaga, M.Pd. Kata- kata Kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Kemampuan Menulis Teks Berita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar menulis teks berita pada siswa kelas VIIIA SMP N 5 Batanghari Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes tertulis dan teknik nontes berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus uji normalitas data, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 65 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 59, setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan kontrol (Posttest) untuk rata-rata nilai eksperimen menggunakan model pembelajaran Mind Mapping 84, dan nilai rata-rata kelas kontrol menggunakan model Konvensional adalah 69. Hasil uji Hipotesis dengan perhitungan Independent Sample t-test, diketahui rata-rata kenaikan kelompok kelas eksperimen sebesar 19 sedangkan rata-rata peningkatan nilai kelas kontrol sebesar 10. Pada nilai tersebut bisa diketahuin bahwa nilai posstets pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping lebih tinggi dibandingkan nilai posttest kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Nilai signifikansi yang didapatkan juga kurang dari >0,05 (p=0,00< 0,05). Simpulan penelitian adalah dengan menggunakan uji hipotesis Independent Sample t-test menunjukkan Nilai signifikansi yang didapatkan kurang dari > 0,05 yakni (p=0,00< 0,05). Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar menulis teks berita pada siswa kelas VIII A SMPN 5 Batanghari.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: MELI YONANI
Date Deposited: 02 Feb 2018 04:18
Last Modified: 02 Feb 2018 04:18
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/3142

Actions (login required)

View Item View Item