PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI

DEWITA, ENI PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI. PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (96kB)

Abstract

ABSTRAK Pada usia dini semua aspek perkembangan harus di kembangkan, karena perkembangan di masa kanak-kanak akan menentukan perkembangan selanjutnya. Salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan anak adalah perkembangan bahasa. Rumusan maslaah dari penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan bahasa anak usia dini kelompok B TK Pembina 2 Kota Jambi? Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap perkembangan bahasa anak usia dini TK Pembina 2 Kota Jambi kelompok B. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan bahasa anak usia dini kelompok B di TK Pembina 2 Negeri Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. metode eksperimen penelitian yang dipakai menggunakan rancangan Pretest-Postest Control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa, yang terdiri dari 15 orang siswa yang mendapat perlakuan berupa bermain makro dan 15 orang siswa tidak mendapat perlakuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode uji-t untuk mengetahui pengaruh metode bermain makro terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di TK Negeri 2 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari uji-t antara kelas perlakuan dengan kelas control adalah 0,000 (p<0,05) artinya terdapat perbedaan perkembangan bahasa antara kelas perlakuan dengan kelas control sehingga metode bermain makro berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bermain makro yang diberikan kepada anak usia dini berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Kata Kunci :Metode Bermain Peran Makro, Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: ENI DEWITA
Date Deposited: 12 Mar 2018 06:50
Last Modified: 12 Mar 2018 06:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3587

Actions (login required)

View Item View Item