MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IIIB SD NEGERI 13/I RENGAS CONDONG

HANDANI MARPAUNG, MERRY MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IIIB SD NEGERI 13/I RENGAS CONDONG. MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IIIB SD NEGERI 13/I RENGAS CONDONG. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH MERRY.pdf

Download (265kB)

Abstract

ABSTRAK Handani, M.M. 2018. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scramble Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IIIB SD Negeri 13/I Rengas Condong”. Skripsi Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi Pembimbing I Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Akmal Arif, M.Pd. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Scramble. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IIIB SD Negeri 13/I Rengas Condong masih kurang dengan hasil obervasi aktivitas belajar sebesar 39%. Pembelajaran yang mengedepankan interaksi satu arah dimana guru memiliki peranan utama dalam kegiatan pembelajaran di kelas, yang menyebabkan tidak terjadinya interaksi yang optimal selama proses pembelajaran antara guru dengan siswa ataupun siswa dengan siswa sehingga berdampak pada aktivitas belajar siswa yang rendah dan siswa lebih banyak diam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui model pembelajaran scramble pada siswa kelas IIIB SD Negeri 13/I Rengas Condong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada saat proses belajar mengajar kegiatan pembelajaran menerapkan model pembelajaran scramble. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pembelajaran IPS. Berdasarkan lembar observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan, dengan hasil persentase aktivitas belajar siswa sebesar 63% dengan kategori baik pada siklus I dan 82% dengan kategori sangat baik pada siklus II. Berdasarkan temuan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan aktivitas belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas IIIB SD Negeri 13/I Rengas Condong dapat meningkat setelah diterapkan model pembelajaran scramble.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: MERRY HANDANI MARPAUNG
Date Deposited: 23 Mar 2018 07:39
Last Modified: 23 Mar 2018 07:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3830

Actions (login required)

View Item View Item