Perbedaan Disiplin Belajar Antara Siswa kelas XI IPA dengan Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Kota Jambi

Putra, Agus Perbedaan Disiplin Belajar Antara Siswa kelas XI IPA dengan Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Kota Jambi. Bimbingan Dan Konseling. (Submitted)

[img] Text
02023.doc

Download (68kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Perbedaan Disiplin Belajar Antara Siswa kelas XI IPA dengan Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Kota Jambi Mahasiswa : Agus Putra Nim : ERA1D012036 Dosen Pembimbing I : Fadzlul S.Psi, M,Psi Dosen Pembimbing II : Dr. H. Hendra Sofyan, M.Si Menumbuhkan kepekaan atau kesadaran siswa untuk memiliki sikap disiplin belajar bukanlah perkara yang mudah. Berdasarkan pengamatan di SMA Negeri 10 Kota Jambi, diperoleh keterangan yang menyatakan bahwa siswa kelas XI jurusan IPA terlihat lebih serius dalam mengikuti proses pembelajaran, lebih banyak pergi kepustakaan untuk mencari buku penunjang materi pelajaran. Sedangkan siswa kelas XI jurusan IPS terlihat lebih santai, di dalam kelas sering terdengar ramai saat proses belajar mengajar tengah berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan untuk membuktikan apakah terdapat perbedaan disiplin antara siswa kelas XI IPA dan siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Kota Jambi? Jenis penelitian adalah komparatif, dengan populasi siswa kelas XI IA yang berjumlah 281 dan XI IS sebanyak 278 orang siswa, yang kemudian dihitung jumlah sampel representatif dari masing-masing kelompok sebanyak 70 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Alat pengumpul data berupa angket yang berisi 35 item pernyataan. Data dianalisis dengan menggunakan metode t-test independent sample dengan bantuan program SPSS 21,0. Hasil penelitian membuktikan bahwa rata-rata disiplin belajar siswa kelas XI IA di SMA Negeri 10 Kota Jambi adalah sebesar 80,9%. Sedangkan rata-rata dari disiplin belajar siswa kelas XI IS di SMA Negeri 10 Kota Jambi hanya sebesar 69,3% saja. Hasil analisis membuktikan bahwa thitung adalah sebesar 5,463 dengan probabilitas sebesar 0,013. Maka dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar siswa di SMA Negeri 10 Kota Jambi berbeda secara nyata antara siswa kelas XI IPA dan IPS. Dengan nilai thitung >ttabel pada α=0,05 dan df=69, dengan hasil tersebut maka Terima Ho dan tolak hipotesis lainnya. Hasil penelitian tersebut memberikan implikasi tentang betapa pentingnya sikap disiplin dalam kegiatan belajar siswa yang diikuti oleh siswa disekolah agar siswa mampu meraih prestasi belajar yang memuaskan. Guru pembimbing hendaknya dapat mengusahakan dan menjalin suatu bentuk komunikasi serta kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua siswa dalam hal pengawasan terhadap disiplin belajar siswa. Selain itu guru pembimbing di sekolah dapat menyelenggarakan pelaksanaan layanan informasi berkaitan dengan usaha untuk meningkatkan disiplin siswa dalam belajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: agus putra
Date Deposited: 26 Mar 2018 01:13
Last Modified: 26 Mar 2018 01:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3838

Actions (login required)

View Item View Item