PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BOUNDED INQUIRY LAB PADA KONSEP HUKUM II NEWTON TENTANG GERAK DI KELAS X SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

Yolipia, yolipia and Hidayat, M and Syarkowi, Ahmad PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BOUNDED INQUIRY LAB PADA KONSEP HUKUM II NEWTON TENTANG GERAK DI KELAS X SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. repository unja. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (98kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, kendala dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran bounded inquiry lab pada konsep hukum II Newton tentang gerak. Jenis penelitian ini adalah penelitian mixed methods tipe concurrent embedded design. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 11 Kota Jambi sebanyak 34 orang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 4 orang siswa. Sampel dipilih berdasarkan keaktifan siswa berdasarkan sintaks model pembelajaran bounded inquiry lab. Pengumpulan data kualitatif pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi sedangkan data kuantitatif menggunakan soal essai. Analisis data kualitatif pada penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman dan untuk data kuantitatif menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan secara umum kendala yang dihadapi terdapat pada sintaks-sintaks model pembelajaran bounded inquiry lab yang terdiri dari observation, manipulation, generalization, verification dan aplplication. Pada tahap observasi kendalanya siswa sulit menjawab peertanyaan yang diajukan oleh guru. Pada tahap manipulation kendalanya siswa sulit menentukan variabel dalam eksperimen. Dan pada tahap generalization kendalanya siswa sulit menentukan alat dan bahan yang akan digunakan untuk eksperimen, merancang eksperimen yang akan dilakukan serta penggunaan tracker untuk menganalisis video. Dilihat dari hasil belajar siswa, 61.67% siswa yang tuntas dalam pembelajaran. Kata Kunci: bounded inquiry lab, hukum II Newton

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YOLIPIA
Date Deposited: 23 Apr 2018 07:19
Last Modified: 23 Apr 2018 07:19
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/4185

Actions (login required)

View Item View Item