EKSIS DI BISNIS RITEL: STRATEGI MELEJITKAN DAYA SAING MINIMARKET MODERN

yacob, syahmardi (2017) EKSIS DI BISNIS RITEL: STRATEGI MELEJITKAN DAYA SAING MINIMARKET MODERN. Trim Komunikata, Cimahi, Jawa Barat. ISBN 978-602-6810-07-6

[img] Text
Gabungan_EKSIS-BISNIS-RITEL.@SyahmardiYacob_Jambi(2018_HCipta).pdf

Download (9MB)

Abstract

Buku ini merupakan hasil penelitian penulis dalam menyelesaikan studi program doktor ilmu manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran, Bandung. Buku ini mengungkapkan bahwan kinerja bisnis minimarket di Indonesia terus menunjukkan fluktuatif, sementara pertumbuhan minimarket setiap tahun terus meningkat, khususnya di Jakarta dan Bandung.Pada penelitian pendahuluan, disinyalir strategi bersaing, dan strategi kemitraan belum mampu dikembangkan secara optimal, serta belum mampu merespon dengan cepat daya tarik industri ritel dan mengembangkan keunikkan kapabilitas sumberdaya dengan efektif.Sehingga penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh daya tarik industri ritel dan keunikan kapabilitas sumberdaya terhadap strategi bersaing dan strategi kemitraan dan implikasinya terhadap kinerja bisnis minimarket di Jakarta dan Bandung. Metode deskriptif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan unit analisis adalah bisnis minimarket dan unit observasinya manajer dan supervisor. Hasil penelitian ditemukan bahwa manajemen dalam merumuskan strategi bisnisnya telah mencermati daya tarik industri ritel yang menarik, kapabilitas sumberdaya yang unik, strategi bersaing dan kemitraan telah dijalan dengan tepat serta kinerja binis minimarket dengan baik. Daya tarik industri ritel menjadi faktor penting dalam perumusan strategi bersaing.Semakin unik kapabilitas sumberdaya maka semakin baik upaya untuk meningkatkan kinerja bisnis minimarket.Upaya meningkatkankinerja bisnis minimarket harus memiliki strategi kemitraan dan strategi bersaing dengan baik. Strategi kemitraan dan strategi bersaing memediasi daya tarik industri ritel dan keunikkan kapabilitas sumberdaya terhadap kinerja bisnis minimarket.Penelitian ini menemukan sebuah model strategi optimalisasi kinerja wow bisnis minimarket yang belum pernah ditemukan oleh penelitian sebelumnya.

Type: Book
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: SYAHMARDI YACOB
Date Deposited: 07 May 2018 00:47
Last Modified: 07 May 2018 00:47
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/4218

Actions (login required)

View Item View Item