ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERKONTRIBUSI TERHADAP KOMPETENSI GURU DAN REKOMENDASI KEBIJAKAN (Studi Kasus Pada Salah Satu Kecamatan Di Kabupaten Tebo)

Pratama, Robin and Muslim, Fachruddiansyah and Hendra, Robi and Sofwan, Muhammad and Anwar, Kaaspul (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERKONTRIBUSI TERHADAP KOMPETENSI GURU DAN REKOMENDASI KEBIJAKAN (Studi Kasus Pada Salah Satu Kecamatan Di Kabupaten Tebo). In: International Conference on Language Teaching and Education, 16 May 2017, Jambi.

[img] Text
2. Robi et al.docx.pdf

Download (790kB)
Official URL: http://www.unja.ac.id/notice/international-confere...

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui gambaran secara empirik kontribusi supervisi akademik pengawas sekolah dan motivasi kerja terhadap kompetensi guru di SDN se- Kecamatan Sumay Kabupaten tebo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan survei dengan teknik korelasional. Sample yang diambil sebanyak 67 responden dari 200 populasi. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis regresi dengan bantuan aplikasi SPSS. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi pengawas termasuk kategori tinggi, motivasi guru berkategori tinggi dan kompetensi guru kategori tinggi. Adapun kontribusi Supervisi Akademik Pengawas sekolah terhadap Kompetensi sebesar 30,4%. Kontribusi Motivasi kerja guru terhadap Kompetensi guru sebesar 46,1%. Kontribusi Supervisi Akademik pengawas sekolah dan motivasi kerja, terhadap kompetensi guru 47%. Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada guru SDN se kecamatan sumay Kabupaten tebo agar dapat mempertahakan kompetensi yang telah dicapai dan tidak cepat puas dengan apa yang telah dicapai serta mempertahakan motivasi dalam meningkatakan kualitas dalam proses pembelajaran. Bagi para supervisor (pengawas sekolah) lebih meningkatkan fungsi pengawasan sebagaimana tertuang dalam Standar Kompetensi Pengawas SD (Permendiknas No. 12 tahun 2007). Selain itu untuk Peneliti yang akan datang, dapat mengambil manfaat dari hasil penelitian ini, setidaknya sebagai dasar untuk melakukan pengkajian bidang administrasi pendidikan secara lebih mendalam. Kata kunci: Supervisi, Motivasi dan Kompetensi Guru

Type: Conference (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: AKHMAD HABIBI
Date Deposited: 09 May 2018 00:30
Last Modified: 09 May 2018 00:30
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/4224

Actions (login required)

View Item View Item