PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI DILENGKAPI VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 TEBO

PUSPITA SARI, SEPTIANA PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI DILENGKAPI VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 TEBO. PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI DILENGKAPI VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 TEBO. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL SEPTIANA.pdf

Download (103kB)

Abstract

ABSTRAK Puspita Sari. Septiana. 2018. Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Dilengkapi Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tebo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Retni S. Budiarti, S.Pd.,M.Si (II) Dr. Afreni Hamidah, S.Pt.,M.Si Kata Kunci: Metode Diskusi, Video Pembelajaran, Hasil Belajar. Hasil observasi pada tanggal 16 Juli 2017 di SMP Negeri 6 Tebo, nilai mata pelajaran Biologi Kelas VIII menunjukkan masih berada di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 70. Jumlah keseluruhan siswa di bawah nilai KKM sebanyak 23 siswa dan yang di atas KKM sebanyak 56 siswa, dari hasil pembelajaran terlihat media yang digunakan kurang memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di kelas sehingga sebagian siswa memilih untuk berbicara dengan teman sebangkunya daripada memperhatikan guru mengajar di depan kelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode diskusi dilengkapi video pembelajaran terhadap hasil belajar pada materi pernapasan pada manusia siswa kelas VIII SMPN 6 Tebo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang diberikan perlakuan berbeda. Untuk melihat pengaruh antara kedua kelas sampel di gunakan uji hipotesis dengan uji-t, dimana untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perlakuan terhadap kelas eksperimen atau tidak. Berdasarkan hasil terhadap sampel, pengujian hipotesis kognitif dilihat bahwa thitung > ttabel yaitu 8,4180 > 1,6753 . Data tersebut menunjukan perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode diskusi kombinasi video pembelajaran terhadap hasil belajar pada materi pernapasan pada manusia siswa SMP N 6 Tebo, hipotesis pada ranah afektif diperoleh t hitung = 2,1331 sedangkan dari tabel distribusi t didapat t tabel = 1,6573, dengan demikian t hitung > t tabel (2,1331 > 1,6573, terdapat pengaruh penggunaan metode diskusi kombinasi video pembelajaran terhadap hasil belajar pada materi pernapasan pada manusia siswa SMP N 6 Tebo, hipotesis pada ranah psikomotor diperoleh t hitung = 5,3088 sedangkan dari tabel distribusi t didapat t tabel = 1,6573, dengan demikian t hitung > t tabel (5,3088 > 1,6573, dapat diketahui pengaruh penggunaan metode diskusi dilengkapi video pembelajaran terhadap hasil belajar pada materi pernapasan pada manusia siswa SMP N 6 Tebo. Guru diharapkan menerapkan metode diskusi dilengkapi video pembelajaran dalam proses pembelajaran di sekolah, dikarenakan metode diskusi dilengkapi video pembelajaran dalam pembelajaran biologi dapat membuat siswa antusias dan menjadi lebih baik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: SEPTIANA PUSPITA S
Date Deposited: 14 May 2018 00:51
Last Modified: 14 May 2018 00:51
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/4232

Actions (login required)

View Item View Item