MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TEMA SEHAT ITU PENTING KELAS V SD NEGERI 55/I SRIDADI

TRIANA, WINY MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TEMA SEHAT ITU PENTING KELAS V SD NEGERI 55/I SRIDADI. JURNAL MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TEMA SEHAT ITU PENTING KELAS V SD NEGERI 55/I SRIDADI.

[img] Text
ARTIKEL WINY 3.pdf

Download (491kB)

Abstract

ABSTRAK Triana, Winy. 2018. Meningkatkan Kerjasama Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) Tema Sehat itu Penting Kelas V SD Negeri 55/I Sridadi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Hj. Destrinelli, M.Pd, (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, Kerjasama siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VA SD Negeri 55/I Sridadi. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menekankan siswa agar dapat memberikan pendapat, menerima gagasan orang lain, bekerja sama dalam memecahkan masalah dan terlibat aktif dalam berdiskusi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu data berupa hasil observasi, melalui observasi sikap kerjasama siswa dan observasi kegiatan guru saat proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada saat proses pembelajaran menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VA SD Negeri 55/I Sridadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kerjasama siswa. Berdasarkan lembar observasi kerjasama siswa menunjukkan adanya peningkatan, dengan hasil nilai sikap kerjasama siswa sebesar 62 dengan kategori cukup baik pada siklus I dan 86 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Berdasarkan temuan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kerjasama siswa kelas VA SD Negeri 55/I Sridadi dapat meningkat setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam langkah pembelajarannya guru memanggil salah satu nomor tanpa diberi tahu terlebih dahulu untuk maju kedepan kelas mempresentasikan hasil kerja kelompok sehingga semua siswa harus memahami hasil kerja kelompok mereka. Siswa akan mengikuti semua kerja kelompok yang ditugaskan oleh guru.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WINY TRIANA
Date Deposited: 05 Jun 2018 02:05
Last Modified: 05 Jun 2018 02:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4384

Actions (login required)

View Item View Item