Perkembangan Kognitif Anak Usia Belum Enam Tahun Bersekolah di SD X

Yolanda, Finda (2018) Perkembangan Kognitif Anak Usia Belum Enam Tahun Bersekolah di SD X. Perkembangan Kognitif Anak Usia Belum Enam Tahun Bersekolah di SD X.

[img] Text
ARTIKEL FINDA YOLANDA.pdf

Download (601kB)

Abstract

ABSTRAK Yolanda, Finda. 2018. Perkembangan Kognitif Anak Usia Belum Enam Tahun Bersekolah di SD X: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Maryono,M.Pd (II) Ahmad Hariandi,S.PdI.,M.Ag Kata Kunci: kognitif, usia belum enam tahun Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kognitif anak usia belum enam tahun bersekolah di SD X tahun pelajaran 2017/2018 dalam pengetahuan, berbahasa, rasa ingin tahu, sikap dan egosentris. Penelitian ini dilaksanakan di SD X pada tanggal 15 Maret 2018 sampai dengan 15 April 2018. Selain melakukan penelitian di SD X peneliti juga melaksanakan PPL dan PLP di SD tersebut selama 4 Bulan. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang usianya belum enam tahun bersekolah secara pengetahuan, prestasi, bisa dapat mengimbangi teman yang usianya di atas tujuh tahun jika orang terdekat atau orang tua dapat ikut serta dalam proses belajar dirumah, sudah dapat menyimpan kosa kata dan menggunakan kosa kata yang diketahuinya untuk kebutuhan berkomunikasi dengan orang lain, selain itu untuk tingkah laku maupun sikap anak yang usianya dibawah tujuh tahun lebih banyak menggunakan perasaan bukan pemikiran dan hal tersebut bisa di dapat dari lingkungan maupun orang-orang terdekat anak. Akan tetapi secara emosional, anak yang usianya dibawah tujuh tahun belum bisa mengontrol emosinya, ia merasa pandangan dan pendapatnya yang benar, lebih sulit memahami maupun menerima pandapat orang lain dan merasa dirinya selalu benar. Dari hasil penelitian disarankan agar orang tua, memperhatikan perkembangan anak sebelum menyekolahkan anak di SD hendaknya tidak melihat secara fisik dan pengetahuan saja tetapi juga melihat sikap dan cara anak bersosialisai dengan orang lain.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FINDA YOLANDA
Date Deposited: 28 Jun 2018 01:02
Last Modified: 28 Jun 2018 01:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4597

Actions (login required)

View Item View Item