PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGELOLAAN USAHA KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI MENURUT PERSEPSI ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM PARIT CULUM

SUGIYANTO, SUGIYANTO PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGELOLAAN USAHA KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI MENURUT PERSEPSI ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM PARIT CULUM. JURNAL PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGELOLAAN USAHA KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI MENURUT PERSEPSI ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM PARIT CULUM.

[img] Text
Jurnal Sugiyanto.pdf

Download (534kB)

Abstract

PARIT CULUM Oleh: Sugiyanto (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi) ABSTRAK Sugiyanto. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pengelolaan Usaha Koperasi Terhadap Partisipasi Menurut Persepsi Anggota Koperasi Simpan Pinjam Parit Culum”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. Drs. Rahmat Murbojono, M.Pd, Pembimbing II Rosmiati, S.Pd., M. Pd. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pengelolaan Usaha Koperasi, Partisipasi Menurut Persepsi Anggota Koperasi Hasil wawancara peneliti kepada ketua KUD Parit Culum belum memiliki pelayanan yang baik di karenakan, keanggotaan dalam kepengurusan belum maksimal sehingga pengelolaan koprasi juga dapat mempengaruhi, kesadaran angora dalam kepengurusan masih kurang, yang mengakibatkan partisipasi anggota mengelola koperassi makin rendah. Koperasi simpan pinjam kelurahan Parit Culum adalah sekumpulan masyarakat yang bekerja sama untuk kepentingan mereka sendiri dan menggunakan modal mereka sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan pengelolaan usaha koperasi terhadap partisipasi menurut persepsi anggota Koperasi Simpan Pinjam Parit Culum. Jenis penelitian yang digunakan ini kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Variabel bebas (independen variabel) yaitu kualitas pelayanan 〖(X〗_1) dan pengelolaan usaha 〖(X〗_2). Variabel terikat (dependen variabel). Partisipasi menurut persepsi anggota (Y). Pelaksanaan penelitian dan pengambilan data dalam penelitian ini yaitu di Koperasi Simpan Pinjam Parit Culum. Berdasarkan hasil penelitian, dari uji hipotesis X1 terhadap Y untuk variabel kualitas pelayanan koperasi (X1) sebesar 0.168 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 0.168 (X1). Pada tabel tersebut nilai t hitung sebesar 1,802 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 = 41 maka t tabel = 1.6829 dengan sig = 0,00, uji hipotesis X2 terhadap Y untuk variable pengelolaan usaha koperasi (X2) sebesar 0,280 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 0.280 (X2). Pada tabel tersebut nilai t sebesar 1,691 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 = 41 maka t tabel = 1.6829, dengan sig = 0,00, hasil uji hipotesis X1, X2 terhadap Y diketahui Rsquare = 0,357 sementara rtabel = 0,304 Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dan pengelolaan usaha koperasi terhadap partisipasi dengan Besaran dalam Persamaan Regresi sebesar 35,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan pengelolaan usaha koperasi terhadap partisipasi menurut persepsi anggota Koperasi Simpan Pinjam Parit Culum.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SUGIYANTO
Date Deposited: 28 Jun 2018 02:26
Last Modified: 28 Jun 2018 02:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4603

Actions (login required)

View Item View Item