PENERAPAN METODE EKLEKTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PUTRI PADA MATERI PENGENALAN ANGKA ARAB DI MTS NURUL IMAN KOTA JAMBI

Sundari, Sinta PENERAPAN METODE EKLEKTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PUTRI PADA MATERI PENGENALAN ANGKA ARAB DI MTS NURUL IMAN KOTA JAMBI. JURNAL PENERAPAN METODE EKLEKTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PUTRI PADA MATERI PENGENALAN ANGKA ARAB DI MTS NURUL IMAN KOTA JAMBI.

[img] Text
SINTA SUNDARI I1A214025.pdf

Download (727kB)

Abstract

PENERAPAN METODE EKLEKTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PUTRI PADA MATERI PENGENALAN ANGKA ARAB DI MTS NURUL IMAN KOTA JAMBI Sinta Sundari1) Kemas Abdul Hai2) Neldi Harianto2) 1)(Alumni Pendidikan Bahasa Arab), e-mail: sintarahman06@gmail.com 2)(Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FIB Universitas Jambi) Dosen Pembimbing Skripsi Oleh : Sinta Sundari ABSTRAK Sinta sundari, Penerapan Metode Eklektik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Putri Pada Materi Pengenalan Angka Arab Di Mts Nurul Iman Kota Jambi. Skripsi, 2018. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui proses penerapan metode pembelajaran eklektik pada materi pengenalan angka Arab di kelas VII putri MTs Nurul Iman. 2.Untuk mengetahui penerapan metode eklektik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengenalan angka Arab di kelas VII putri MTs Nurul Iman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini peneliti turun langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh informasi mengenai metode eklektik pada materi pengenalan angka Arab dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII putri. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan, menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran eklektik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Arab pada materi pengenalan angka Arab di kelas VII putri MTs Ulu Gedong Kota Jambi. Peningkatan ini dibuktikan dengan terus meningkatnya aktivitas siswa, terlihat pada hasil belajar siswa pada siklus I hanya mencapai 37% dari 100% sehingga harus ada perbaikan pada siklus selanjutnya yaitu siklus II. Kemudian pada siklus II, siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan meningkat , pada siklus II ini jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan adalah 23 siswa atau 100% dari jumlah siswa peserta tes dan nilai rata-rata siswa adalah 91. Kata kunci : bahasa Arab, metode eklektik, hasil belajar Mengetahui Pembimbing 1 Kemas Abdul Hai, S.Ag., M.Ud. NIP 197608082006041002 Jambi, juli 2018 Pembimbing 2 Neldi Harianto, S.Pd.I., M.A. NIP 201501091002

Type: Article
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: SINTA SUNDARI
Date Deposited: 02 Jul 2018 03:56
Last Modified: 02 Jul 2018 03:56
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/4630

Actions (login required)

View Item View Item