MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PBP) DI KELAS IV SDN 13/I MUARA BULIAN

Azaria, Tio Tanra MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PBP) DI KELAS IV SDN 13/I MUARA BULIAN. JURNAL MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PBP) DI KELAS IV SDN 13/I MUARA BULIAN.

[img] Text
ARTIKEL TIO TANRA AZARIA.pdf

Download (418kB)

Abstract

ABSTRAK Azaria, Tio Tanra. 2018 Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) di Kelas IV SDN 13/I Muara Bulian. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, JurusanIlmuPendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Drs. Syahrial, M. Ed., PhD Pembimbing II Issaura Sherly Pamela, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas Siswa, Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berdasarkan observasi di kelas IV A SDN 13/I Muara Bulian hasil belajar siswa sudah cukup baik. Walaupun hasil belajar sudah cukup baik, namun terlihat terdapat siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, hal ini menunjukan bahwa rasa ingin tahunya rendah. Selain itu ketika menemui kesulitan mereka cenderung berhenti mengerjakan tugas tersebut dibanding mencari jalan keluar lain. Tugas tidak dapat diselesaikan tepat waktu. Siswa enggan menyampaikan ide kepada temannya dan sulit bekerja sama dalam kelompok. Disamping itu guru kurang memperhatikan bakat dan kemampuan yang dimiliki siswa sehingga siswa hanya menerima dan mengingat apa yang telah diajarkan oleh guru sehingga siswa cenderung pasif. Akibatnya, kreativitas siswa tidak tersalurkan dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif guru untuk meningkatkan kreativitas siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Diharapkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas siswa di kelas IV A SDN 13/I Muara Bulian.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek di kelas IV A SDN 13/I MuaraBulian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan 2 kali pertemuan dalam 2 siklus. Subjek dan tempat penelitian adalah siswa kelas IV A SDN 13/I Muara Bulian dengan jumlah 32 siswa. Data dalam penelitian diperoleh dari observasi. Analisis tindakan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV A SDN 13/I Muara Bulian. Peningkatan persentase setiap siklus adalah: siklus I pertemuan pertama persentase yang didapat 65,6% meningkat di pertemuan kedua menjadi 69,4%.Pada siklus II pertemuan pertama mengalami peningkatan persentase yaitu 76,9% dan pertemuan kedua meningkat menjadi 81,8%. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas siswa di kelas IV SDN 13/I Muara Bulian.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: TIO TANRA AZARIA
Date Deposited: 09 Jul 2018 06:38
Last Modified: 09 Jul 2018 06:38
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/4739

Actions (login required)

View Item View Item