Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Jambi

Aftiani, Resi Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Jambi. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Jambi.

[img] Text
Artikel Resi Yulia Aftiani.pdf

Download (359kB)

Abstract

ABSTRAK Aftiani, Resi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. Suratno., M.Pd (II) Dra. Refnida., ME Kata Kunci : Numbered Heads Together, Hasil Belajar Dalam proses pembelajaran di sekolah ada dua pihak yang berinteraksi secara aktif yaitu antara guru dan siswa. Guru mempunyai peranan membimbing dan mengarahkan siswa melakuakan pemusatan perhatian terhadap sesuatu yang diharapkan. Hal tersebut menuntut guru untuk lebih menguasai materi dan lebih cermat dalam menggunakan model pembelajran. Guru harus mampu memilih, menerapkan model pembelajaran dan melibatkan siswa berpartisipasi dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran. Dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran IPS Terpadu, diketahui bahwa nilai ulangan siswa dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) untuk mata pelajaran IPS Terpadu adalah 75. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen, jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi exsperimental research) Adapun bentuk desain quasi experiment yang digunakan, yaitu nonequivalent control group. Yang terdiri dari kelas VIIIA menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Togetherdan dan kelas VIIB menggunakan Model Konvensional. Hasil penelitian menunjukan bahwa Berdasarkan hasil tes dari soal posttest yang dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan mean (rata-rata) 79,226, simpangan baku (S) adalah 9,979, sedangkan untuk data posttest kelas kontrol dengan mean (rata-rata) 65,597, simpangan baku (S) 8,608. Hasil ini diperkuat dengan hasil analisis uji-t diperoleh nilai thitung = 5,756 dan ttabel = 2,000. Karena thitung>ttabel atau (5,756 > 2,000) berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi kesimpulannya terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran kooperatif Nubered Heads Together terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Jambi. Kesimpulan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Jambi. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka disarankan kepada guru terutama guru Mata Pelajaran IPS Terpadu sebaiknya dalam melakukan pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together khususnya untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: RESI YULIA AFTIANI
Date Deposited: 16 Aug 2018 01:10
Last Modified: 16 Aug 2018 01:10
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/4958

Actions (login required)

View Item View Item