IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PATRIOTISME SULTAN THAHA SYAIFUDDIN PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BARAT SISWA SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI

SYAHPUTRA, ANDI IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PATRIOTISME SULTAN THAHA SYAIFUDDIN PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BARAT SISWA SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI. JURNAL IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PATRIOTISME SULTAN THAHA SYAIFUDDIN PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BARAT SISWA SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI.

[img] Text
artikel fixx.pdf

Download (475kB)

Abstract

ABSTRAK Syahputra Andi, 2018. ”Implementasi Nilai-Nilai Patriotisme Sultan Thaha Syaifuddin Pada Pembelajaran Sejarah Materi Kolonialisme Dan Imprealisme Barat Siswa SMA Negeri 6 Kota Jambi’’: Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Kta kunci : Patriotisme, Sultan Thaha Syaifuddin, Pembelajaran Sejarah. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan lunturnya nilai-nilai patriotisme yang ada dalam diri siswa-siswi sehingga berdampak tidak baik dikalangan siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini yaitu : Untuk mendiskripsikan implementasi nilai-nilai patriotisme Sultan Thaha Syaifuddin pada pembelajaran sejarah Materi Kolonialisme Dan Imprealisme Eropa di SMA. Penelitian melalui penelitian deskriptif kualitatif metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yang Pertama, pada perencanaan yang dilakukan oleh guru terlebih dahulu merancang perangkat pembelajaran seperti : rancanagan perancanaan pengajaran (RPP) strategi pembelajaran, metode dan model-model pembelajaran serta materi yang diintergrasikan kedalam biografi Sultan Thaha Syaifuddin. Kedua, pada pelaksanaan pembelajaran sejarah menggunakan materi biografi Sultan Thaha Syaifuddin guru menjelasakan materi tersebut dengan jelas dan benar secara langsung di kelas. Ketiga, pembelajaran yang dilakukan oleh guru menujukan peningkatan pemahaman peserta didik mengenai konsep patriotisme serta sikap dan perilaku dari Sultan Thaha Syaifuddin yang mencerminkan nilai-nilai patriotisme. Keempat, berberapa Kendal-kendal yang ditemukan saat pembelajaran menggunakan biografi Sultan Thaha Syaifuddin yaitu : keterbatasan sumber data dari buku-buku, serta terbatasnya sumber refensi dari internet. Adapun solusi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut : guru harus melakukan perencanaaan pembelajaran yang baik, menggunakan sumber yang relevan dari berbagai sumber seperti sumber internet.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANDI SYAHPUTRA
Date Deposited: 29 Aug 2018 02:54
Last Modified: 29 Aug 2018 02:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5016

Actions (login required)

View Item View Item