Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Yang Mengikuti Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK)dan Model Pembelajaran Langsung diKelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi

Yuliana, Iis Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Yang Mengikuti Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK)dan Model Pembelajaran Langsung diKelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Universitas Jambi.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (321kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematika siswa dan kurang tepatnya model pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran matematika yaitu guru bidang studi matematika hanya menerapkan model pembelajaran langsung yang kurang mengaktifkan siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan model pembelajaran matematika knisley (MPMK) dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain posttest only design. Penelitian dilaksanakan di SMPN 7 Muaro Jambi di kelas VII pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang diteliti sebanyak 64 siswa terdiri 32 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian berbentuk soal essay sebanyak lima soal. Reliabilitas soal dihitung menggunakan rumus alpha diperoleh r11 sebesar 0,796 dengan n = 32, maka dapat disimpulkan bahwa kelima soal mempunyai reliabelitas yang sangat tinggi. Uji hipotesis menggunakan uji-t dua pihak, dari hasil pengolahan data diperoleh t_hitung > t_tabel dengan t_hitung= 3,308 dan t_tabel = 1,998 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa kelas eksperimen dengan kemampuan penalaran matematika siswa kelas kontrol. Dengan rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa kelas eksperimen yaitu 80,23 lebih baik daripada rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa kelas kontrol yaitu 74,68. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran matematika knisley (MPMK) dengan model pembelajaran langsung di kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Dimana rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran knisley (MPMK) lebih baik daripada rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: IIS YULIANA
Date Deposited: 10 Sep 2018 09:12
Last Modified: 10 Sep 2018 09:12
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/5161

Actions (login required)

View Item View Item